PENGARUH IKLAN INTERNET TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN OREO BLACKPINK (STUDI KASUS MAHASISWA DI KOTA MEDAN)
Keywords:
iklan internet, keputusan pembelianAbstract
Fakta dilapangan menunjukkan bahwa Oreo Blackpink banyak diburu oleh konsumen sejak iklan Oreo Blackpink diluncurkan di media sosial dan tidak membutuhkan waktu lama untuk menghabiskan stok produk Oreo Blackpink. PT Mondelez Indonesia menggunakan iklan internet dalam mempromosikan Oreo Blackpink, seperti di YouTube, Instagram dan Facebook. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh iklan internet terhadap keputusan pembelian Oreo Blackpink di kalangan mahasiswa di kota Medan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuesioner dan menggunakan skala likert. Adapun jumlah responden terdiri dari 100 orang yang didapat dari rumus lemeshow, yakni mahasiswa di kota Medan yang mengetahui Oreo Blackpink, pernah membeli Oreo Blackpink, dan pernah melihat iklan Oreo Blackpink di media sosial. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dengan pengujian hipotesis menggunakan program SPSS 25. Pada penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder. Adapun variabel independen adalah iklan internet dan variabel dependen adalah keputusan pembelian. Hasil perhitungan regresi sederhana, diperoleh Y = 3,112 + 0,449X + e, menjelaskan bahwa variabel bebas iklan internet berpengaruh positif terhadap variabel terikat keputusan pembelian.
References
Firmansyah, M. A. (2019). Pemasaran Produk dan Merek (planning & strategy). Penerbit: Qiara Media.
Kambolong, M., Nurjannah., Ambarwati, Lia., (2021). Metode Riset dan Analisis Saluran Distribusi. Jawa Timur: Penerbit Qiara Media.
Nisa, S. M., Prawira, N. G., & Fetrianggi, R. (2021). Analisis Elemen Visual Kemasan Produk Biskuit OREO Terhadap Konsumen. Finder, 1(1), 1–5.
Pebrianti, T. (2020). Pengaruh iklan internet dan promosi penjualan terhadap keputusan pembelian pada shopee bagi konsumen Kayuagung.
Rahma Oktavia. (2020). Pengaruh variasi dan kemasan produk terhadap keputusan pembelian pada es krim AICE di Bengkulu (Studi kasus mahasiswa FEBI). 14. https://all3dp.com/2/fused-deposition-modeling-fdm-3d-printing-simply-explained/
Rahmawati, S. E. (2022). Apa saja variabel penelitian dalam bidang marketing?. Samarinda: Mulawarman University Press
Sudjanarti, D. (2021). Pengaruh Iklan Online Pada Media Sosial Facebook Terhadap Minat Beli Produk Kosmetik Wardah. Senabisma: Seminar Nasional …, 6(September). https://prosiding.polinema.ac.id/senabisma/index.php/senabisma/senabisma2021/paper/view/80
Thariq, Muhammad. (2021). Periklanan & Manajemen Media. Medan: Penerbit: Umsu Press
Tito, A. C. P., & Gabriella, C. (2019). Faktor-faktor Iklan yang Dapat Menarik Penonton Untuk Menonton Iklan Skip-Ads di Youtube Sampai Selesai. Jurnal Akuntansi Maranatha, 11(1), 98–114. https://doi.org/10.28932/jam.v11i1.1544
Tjiptono, F., Diana, A. (2021). Kepuasan Pelanggan ; Konsep, pengukuran, & strategi. Yogyakarta: Penerbit ANDI (Anggota IKAPI).
Tri Oktavia, dkk. (2023). Kolaborasi Strategi Branding Produk Oreo X Blackpink Melalui Pemanfaatan Popularitas Blackpink. Jurnal Edunomika – Vol. 7, No. 2, 2023. Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
Fachri. (2022). Viral di Medsos, Ini Spesialnya Oreo Blackpink yang Mulai Bisa Dibeli Online Hari Ini! https://www.liputan6.com/hot/read/5142445/viral-di-medsos-ini- spesialnya-oreo-blackpink-yang-mulai-bisa-dibeli-online-hari-ini. Diakses 26 Maret 2023