PENGARUH PERENCANAAN PAJAK TERHADAP MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN JASA SUB SEKTOR PROPERTY DAN REAL ESTATE YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Authors

  • Yayusti Daeli Politeknik Negeri Medan
  • Yulifati Laoli Politeknik Negeri Medan
  • M. Rikwan Effendi Salam Manik Politeknik Negeri Medan

Keywords:

Perencanaan pajak, Manajemen Laba

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Perencanaan Pajak Terhadap Manajemen Laba yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perencanaan pajak terhadap manajemen laba pada perusahaan jasa sub sektor property dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Teknik mengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan pajak tidak berpengaruh terhadap manajemen laba pada perusahaan property dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

 

References

Achyani, F., & Lestari S. (2019). Pengaruh Perencanaan Pajak Terhadap Manajemen Laba (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2017). Jurnal Riset Akuntansi sdan Keuangan Indonesia, Vol.4, No.1.

Aditama, F., & Purwaningsih, A. (2014). Pengaruh Perencanaan Pajak Terhadap Manajemen Laba (Studi Pada Perusahaan Nonmanufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia). Journal Modus, Vol. 26, No. 1.

Astutik, R. E. P., & Mildawati, T. (2016). Pengaruh Perencanaan Pajak Dan Beban Pajak Tangguhan terhadap Manajemen Laba. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, Volume 5, No. 3.

Dewanata, P. (2016) Pengaruh Perencanaan Pajak Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kualitas Corporate Governance Sebagai Variabel Moderasi. Skripsi Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang.

Hapsari , D. P., & Dwi Manzilah. (2016) Pengaruh Perencanaan Pajak Terhadap Manajemen Laba Dengan Arus Kas Operasi Sebagai Variabel Kontrol (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Otomotif Dan Komponen Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2015). Jurnal Akuntansi, Vol. 3, No. 2.

Khotimah, H. (2014). Pengaruh Perencanaan Pajak Terhadap Manajemen Laba. Jurnal Bisnis dan Manajemen, Vol. 4, No. 2.

Laoli, Yulifati. 2015. Audit Investigasi Empirik Terhadap Teori Pembangunan Pelancongan Berterusan Di Sumatera Utara: Penerapan Konsep Berasaskan Komuniti Dan Kualiti.

Laporan Keuangan dan Laporan Tahunan Perusahaan. www.idx.co.id.

Lestari, D. S. A., Kurnia, I., & Yuniati. (2018). Pengaruh Perencanaan Pajak Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Manajemen Laba (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2017). Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekononi, & Akuntansi), Vol. 2, No. 3.

Pradnyana, I. B. G. P., & Noviari, N. (2017). Pengaruh Perencanaan Pajak Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Transparansi Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, Vol.18, No. 2.

Santana, D. K. W., & Wirakusuma, M. G. (2016). Pengaruh Perencanaan Pajak, Kepemilikan Manajerial dan Ukuran Perusahaan Terhadap Praktek Manajemen Laba. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, Vol. 14, No. 3.

Sugeng, B.(2011). Pengaruh Perencanaan Pajak Terhadap Efisiensi Beban Pajak Penghasilan. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis, Vol.11, No.2.

Sumomba, C.R & Hutomo, Y.S. (2012). Pengaruh Pajak Tangguhan dan Perencanan Pajak Terhadap Manajemen Laba. Kinerja, Vo. 16.

.Sutrisno, M., Sari, I. A., & Astuti, Y. P. (2018) Pengaruh Perencanaan Pajak Dan Insentif Non Pajak Terhadap Manajemen Laba (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2017). Jurnal Permana, Vol. 10, No. 1.

Wardani, D. K., & Santi D. K. (2018) Pengaruh Tax Planning, Ukuran Perusahaan, Corporate Social Responsibility (Csr) Terhadap Manajemen Laba. Jurnal Akuntansi, Vol. 6, No.1.

Yin & Cheng. (2004). “Earnings Management of Profit Firms And Loss Firms In Response To Tax Rate Reductions”. Review Of Accounting And Finance Vol. 3.

Yuono, C. A. S., & Widyawati, D. (2016). Pengaruh Perencanaan Pajak Dan Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, Vol.5, No.6.

Sumber Internet

https://www.sahamok.com/emiten/sektor-property-real-estate/sub-sektorproperty realestate/.

Downloads

Published

2023-02-16