Keberhasilan Metode Praktik Bank Syariah Dalam Meningkatkan Prestasi Akademik Mahasiswa Sesuai Karakter

Authors

  • Marlya Fatira AK Politeknik Negeri Medan
  • Anriza Witi Nasution Politeknik Negeri Medan

Keywords:

Metode Belajar, Prestasi, Kharakter Mahasiswa, Bank Syariah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode pembelajaran praktik berotasi untuk matakuliah praktik perbankan syariah dapat membantu mahasiswa dengan karakter intropert dan ekstropert untuk mampu mencapai prestasi maksimal sesuai kompetensi  matakuliah praktik bank syariah. Target khusus penelitian ini adalah diketahuinya besaran potensi meningkatnya prestasi belajar mahasiswa antara mahasiswa yang berkaharakter intropret dengan ekstropert. Metode pengolahan data pada penelitian ini adalah menggunakan uji beda paired sampel t-test. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa dengan karakter intropert dan ekstropert mampu meningkat prestasi belajarnya dengan metode praktik berotasi. Metode praktik berotasi pada mata kuliah praktik perbankan syariah efektif memberikan pemahaman kepada mahasiswa dengan karakter introvert maupun ekstrovert serta mampu membentuk nilai mahasiswa pada matakuliah prakik bank syariah dengan sangat baik sehingga meningkatkan prestasi belajar.

 

References

Asrizal. 2013. Nilai Karakter Mahasiswa Dalam Pembelajaran Aktif Dengan Tugas Berbasis Media Video Phy 2048 dan Phy 2049 Mata Kuliah Bahasa Inggris Untuk Fisika. Prosiding Semirata FMIPA Universitas Lampung, 2013
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Fatira Ak, Marlya dan Anriza Witi Nasution. 2016. Effectiveness in Learning Islamic Banking Practice Subject with Rotation Method in Medan State Polytechnic. Proceeding: Revitalitation of Vocational in Free Trade Area (ICERVED) 2016
Hariyanto. 2011. Macam-macam mMetode Pembelajaran. http://belajarpsikologi.com/macam-macam-metode-pembelajaran/. Diunduh tanggal 14 Juni 2016.
Kholida A. Rostnani. 2015. Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Metode Praktik Berotasi Berbasis Pembelajaran Tim pada Pelajaran Kejuruan Memperbaiki Sistem Pengisian di SMK Karya Mandiri Garung Wonosobo. Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol.06/No.02/Juni 2015. ISSN:2303-3738.
Ladislaus Naisaban. 2003. Psikologi Jung: Tipe Kepribadian Manusia dan Rahasia Sukses Dalam Hidup (tipe kebijaksanaan Jung). Jakarta : PT Gramedia.
Mursyid R. 2013. Pengembangan Model Pembelajaran Praktik Berbasis Kompetensi Berorientasi Produksi. Cakrawala Pendidikan, Februari 2013, Th. XXXII, No. 1
Nurdin, Syafruddin, Adriantoni. 2016. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers
Rusman. 2014. Model-model pembelajaran: mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers
Sujatna, Yayat. 2012. Efektivitas Pembelajaran Ekonomi Islam di STIE Ahmad Dahlan Jakarta. Jurnal Liquidity Vol.1 No.2 Juli-Desember 2012.
Winarni, Restu. 2015. Pengaruh Karakteristik Tipe Kepribadiandan IPK Terhadap Kecemasan Berkomputer Mahasiswa Akuntansi dalam Menggunakan Software Akuntansi dengan Locus of Control sebagai Variabel Moderasi. Skripsi. Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta

Downloads

Published

2021-03-08