PERANCANGAN JALAN PADA RUAS JALAN BANGUN PURBA ‒ TIGA JUHAR, STA 2+047 ‒ STA 5+855

Authors

  • Sastrawan Munthe Politeknik Negeri Medan

Keywords:

Perancangan, Geometrik, Tebal Perkerasan, Drainase, RAB

Abstract

Ruas Jalan Bangun Purba ‒ Tiga Juhar, Kecamatan Bangun Purba/STM Hulu STA 2+047 ‒ STA 5+855 merupakan Jalan Kabupaten yang menghubungkan Kecamatan Bangun Purba dengan Kecamatan STM Hulu dan menjadi salah satu akses jalan menuju lokasi wisata Danau Linting. Di dalam Tugas Akhir ini akan membahas tentang perancangan desain geometrik, tebal perkerasan, drainase, dan rencana anggaran biaya. Pada perencanaan geometrik jalan menggunakan metode Tata Cara perencanaan Geometrik Antar Kota 1997 maka diperoleh alinemen horizontal dengan jumlah 34 tikungan. Hasil yang diperoleh untuk jenis tikungan pada perancangan ruas Jalan Bangun Purba ‒ Tiga Juhar berupa tikungan Full Circle (FC), tikungan Spiral Circle Spiral (SCS), dan tikungan Spiral Spiral (SS). Menghitung tebal perkerasan jalan dengan menggunakan metode Pt T-01-2002-B dengan parameter yang dibutuhkan antara lain Structural number (SN), Lalu lintas, Reliability, Faktor drainase dan Serviceability maka diperoleh tebal perkerasan tebal lapis permukaan 14 cm, tebal lapis pondasi atas 7,5 cm dan tebal lapis pondasi bawah 18 cm. Menghitung dimensi drainase menggunakan metode Pd. T-02-2006-B maka didapat hasil drainase berbentuk persegi dengan lebar 0,89 m, tinggi basah 0,91 m, dan tinggi jagaan 0,47 m dapat menampung volume air sebesar 0,5970 m3/detik. Perancangan ruas Jalan Bangun Purba – Tiga Juhar dengan panjang 3,8 km memerlukan biaya pembangunan sebesar Rp 8.344.733.059.

References

Bethary, Rindu Twidi. 2016. Perencanaan Geometrik Jalan Alternatif Palima-Curug. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Banten.

Departemen Pekerjaan Umum Direktorat Jenderal Bina Marga. 1997. Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI). Direktorat Jenderal Bina Marga. Jakarta.

Departemen Pekerjaan Umum. 1987. Petunjuk Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur Jalan Raya Dengan Metode Analisa Komponen, SKBI 2.3.26.1987, UDC:625.73(02). Jakarta.

Departemen Pekerjaan Umum. 1997. Tata Cara Perencanaan Geometrik Jalan Antar Kota No.038/M/BM/1997. Direktorat Jenderal Bina Marga. Jakarta.

Departemen Pekerjaan Umum. 2005. Pelatihan Road Design Engineer (Ahli Teknik Desain Jalan) Modul RDE-11 : Perencanaan Perkerasan Jalan. Badan Pembinaan Konstruksi dan Sumber Daya Manusia. Pusat Pembinaan Kompetensi dan Pelatihan Konstruksi (PUSBIN-KPK). Jakarta.

Departemen Pekerjaan Umum. 2006. Perencanaan Sistem Drainase Jalan, Pedoman Konstruksi dan Bangunan (Pd-T-02-2006-B). Jakarta.

Departemen Pemukiman dan Prasarana Wilayah. 2002. Pedoman Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur (Pt T-01-2002-B). Jakarta.

Departemen Permukiman dan Prasarana Wilayah. 2004. Survei Pencacahan Lalu Lintas dengan cara Manual (Pd-T-19-2004). Menteri Permukiman dan Prasarana Wilayah. Jakarta.

Heka, Mega Gusti. 2014. Perencanaan Dimensi Saluran Drainase Kawasan Pabrik Pt. Sinar Alam Permai Kabupaten Banyuasin Sumatera Selatan. Universitas Sriwijaya. Palembang.

Ibrahim, Bachtiar. 1993. Rencana dan Estimate Real of Cost. Bumi Aksara. Jakarta.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. 2018. Spesifikasi Umum Untuk Pekerjaan Konstruksi Jalan dan Jembatan. Direktorat Jenderal Bina Marga. Jakarta.

Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. 2017. Manual Desain Perkerasan Jalan No. 04/SE/Db/2017. Direktorat Jenderal Bina Marga. Jakarta.

Republik Indonesia. 2004. Undang-Undang Republik Indonesia No 38 tahun 2004 tentang Jalan. Jakarta.

Republik Indonesia. 2006. Peraturan Pemerintah No. 34 tahun 2006 tentang Jalan. Jakarta.

Silalahi, Hotmarison dan Sastrawan M. 2020. Perhitungan Tebal Perkerasan Dan Kinerja Jalan Pada Proyek Peningkatan Ruas Jalan Bangun Purba – Tiga Juhar, Kecamatan Bangun Purba/Stm Hulu Sta 0+000 – 8+360. Politeknik Negeri Medan. Medan.

Sukirman, Silvia. 1999. Perkerasan Lentur Jalan Raya. Nova. Bandung.

Downloads

Published

2023-10-12