EFISIENSI TATA LETAK DAN PENGGUNAAN ALAT BERAT TOWER CRANE PADA PROYEK GEDUNG BERTINGKAT

Authors

  • Reskina T A Sinurat Politeknik Negeri Medan

Keywords:

Efisien, Tower Crane, Tata Letak, Waktu Siklus, Produktivitas, Biaya

Abstract

Salah satu faktor yang memengaruhi keberhasilan dari suatu proyek adalah pemilihan alat konstruksi yang tepat. Hal ini berhubungan dengan kinerja alat yang digunakan untuk menghasilkan keuntungan proyek baik dari segi waktu maupun biaya. Alat berat yang memegang peranan penting dalam suatu proyek berskala besar yaitu tower crane. Penurunan kinerja alat berat tower crane yang memengaruhi produktivitas tower crane merupakan masalah yang sering terjadi pada proyek konstruksi bangunan. Salah satu penyebab terjadinya penurunan produktivitas tower crane adalah tata letak tower crane yang tidak efisien. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan perbandingan waktu, produktivitas, dan biaya tower crane berdasarkan letak tower crane yang ada di proyek dengan letak tower crane baru yang ditentukan oleh penulis. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif yaitu dengan observasi langsung di lapangan dan wawancara/interview. Hasil berupa data yang diperoleh dari pengumpulan data akan diolah dan dianalisis. Berdasarkan hasil pengolahan data, diperoleh hasil tower crane letak baru lebih efisien dibandingkan tower crane letak awal dengan estimasi perhitungan waktu siklus, produktivitas dan biaya operasional dari tower crane letak baru yaitu 1,252 jam/hari, 12459,11 kg/jam dan Rp.707,717,932.25 sedangkan tower crane letak awal yaitu 1,492 jam/hari, 10454,83 kg/jam dan Rp.716,042,746.67

References

Ahmad, A. I. (2012). Analisa Produktivitas dan Biaya Operasional Tower Crane pada Proyek Puncak Central Bussines District Surabaya. Universitas Negeri Surabaya.

Pagassang, J. (2018). Analisa Optimasi Penempatan dan Pengadaan Tower Crane pada Proyek Highrise Building. Universitas Tarumanegara.

Husen, A. (2011). Manajemen Proyek. Serpong: CV. Andi Offset.

Kholil, A. (2012). Alat Berat. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Lee, D., et. al. (2011). Analysis of Operation Effeciency Of Tower Crane In Form Work Construction For Multi-Family Housing. 1225-127.

Rochmanhadi. (1985). Perhitungan Biaya Pelaksanaan Pekerjaan dengan Menggunakan Alat-alat Berat. Departemen Pekerjaan Umum. Jakarta.

Angelina, E. (2019). Analisis Penggunaan Tower Crane berdasarkan Efektivitas Waktu, Produktivitas dan Biaya Operasional pada Proyek The Support of Development of the Islamic Higher Education. Program Studi Manajemen Rekayasa Konstruksi Gedung. Politeknik Negeri Medan.

Downloads

Published

2023-10-12