ANALISA POTENSI LIKUIFAKSI PADA JEMBATAN INTERCHANGE PEMBANGUNAN JALAN TOL RUAS TEBING TINGGI – INDERAPURA

Authors

  • Nur Fadhilla Ichwani Politeknik Negeri Medan

Keywords:

Likuifaksi, Gempa, CSR, CRR

Abstract

Likuifaksi adalah fenomena hilangnya kekuatan lapisan tanah akibat tegangan air pori yang timbul akibat beban siklis (getaran). Getaran yang dimaksud dapat berupa getaran yang berasal dari gempa bumi maupun yang berasal dari pembebanan cepat lainnya. Likuifkasi biasanya terjadi pada tanah berbutir longgar yang jenuh air, dimana seluruh rongga-rongga dari tanah tersebut dipenuhi oleh air. Lapisan tanah pada lokasi pembangunan Jembatan Interchange berpotensi likuifaksi dikarenakan memiliki gradasi butiran yang buruk, oleh karena itu perlu dilakukan perhitungan analisa likuifaksi secara analitis.

Perhitungan analisa likuifaksi dilakukan dengan menghitung nilai Cyclic Stress Ratio (CSR), Cyclic Resistance Stress (CRR) pada tiap lapisan yang kemudian dimasukkan ke dalam grafik Seed et al untuk mengetahui lapisan- lapisan tersebut mengalami likuifaksi atau tidak. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka diketahui kedalaman 0,00 – 3,50 m pada lokasi BH-9A dan kedalaman 0,00 – 3,00 m pada lokasi BH-10A tidak berpotensi likufaksi, sedangkan pada kedalaman 3,50 – 9,50 m di lokasi BH-9A dan kedalaman 3,00 – 10,50 m di lokasi BH-10A berpotensi likuifaksi.

References

Nakazawa, Kazuto. 2015, Cetakan Kedelapan. Mekanika Tanah & Teknik Pondasi. Jakarta : PT Pradnya Paramita.

Mabrur, Muhammad. 2009. Analisa Potensi Likuifaksi Pada Area Apron Bandar Udara Medan Baru.

Skripsi Teknik Sipil : Universitas Sumatera Utara.

Ikhsan, Rifa. 2011. Analisis Potensi Likuifaksi Dari Data CPT Dan SPT Dengan Studi Kasus PLTU Ende Nusa Tenggara Timur. Skripsi Teknik Sipil : Universitas Indonesia.

Tini (a), Tohari, Adrin (b), Iryanti, Mimin (c). 2017. Analisis Potensi Likuifaksi Akibat Gempa Bumi Menggunakan Metode SPT (Standar Penetration Test) dan CPT (Cone Penetration Test) di Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Jurnal Fisika.

Maghfira, Reyhan. 2016. Analisis Potensi Likuifaksi Lapisan Pasir Pada Pembangunan Flyover Simpang Surabaya Banda Aceh. Tugas Akhir : Universitas Syiah Kuala.

Pasaribu, Hadianti Muhdinar. 2019. Bahan Kuliah, Rekayasa Gempa: Intensitas Dan Magnitude Gempa. Medan : Politeknik Negeri Medan.

Sinaga, Bolmen Frans J. dan Iskandar, Rudi. Tanpa Tahun. Analisis Potensi Likuifaksi Pada Proyek Wire House Belawan. Jurnal Teknik Sipil.

Buana, Taufiq Wira et al. 2019. Atlas Zona Kerentanan Likuefaksi Indonesia. Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.

SNI – 1726 – 2002 tentang Standar Perencanaan Ketahanan Gempa Untuk Struktur Bangunan Gedung.

Downloads

Published

2023-10-12