ANALISIS RAB (RENCANA ANGGARAN BIAYA) TERHADAP PELAKSANAAN PEKERJAAN PEMBANGUNAN RUMAH SUSUN TIPE T.24-3 LANTAI BENTANG PANJANG PADA PROYEK PEMBANGUNAN RUMAH MAHASISWA UNIV. HKBP NOMENSEN PEMATANGSIANTAR

Authors

  • Gladisya Pratiwi Politeknik Negeri Medan

Keywords:

Rencana Anggaran Biaya, Rencana Anggaran Pelaksanaan, Selisih

Abstract

Suatu perusahaan konstruksi perlu membuat strategi-strategi khusus untuk memenangkang dan mendapatkan keuntungan dari suatu proyek konstruksi, salah satunya dengan menghitung Rencana Anggran Biaya (RAB) dan Rencana Anggaran Pelaksanaan (RAP). Rencana Anggara Biaya  (RAB), adalah perkiraan atau perhitungan biaya-biaya yang diperlukan untuk tiap pekerjaan dalam satu proyek konstruksi, sehingga diperoleh total anggaran yang diperlukan untuk menyelesaikan suatu proyek, sedangkan Rencana Anggaran Pelaksanaan (RAP)  merupakan perhitungan biaya yang real digunakan di lapangan dengan memperhitungkan biaya-biaya tidak langsung yang digunakan pada proyek tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbandingan biaya RAB dengan RAP upah pekerjaan Pembangunan Rumah Mahasiswa Univ. HKBP Nomensen P. Siantar. Dari hasil survei dan perhitungan, terdapat selisih biaya yang cukup signifikan antara RAP dan RAB. Total harga seluruh pekerjaan dari Pembangunan Rumah Susun Mahasiswa Univ. HKBP Nomensen Kota Pematangsiantar dengan menggunakan metode Rencana Anggaran Biaya (RAB) yakni menggunakan Analisa Harga Satuan Pekerjaan (AHSP) 2016 sebesar Rp 16.039.886.787,01 dan untuk total harga Rencana Anggaran Pelaksanaan (RAP) sebesar Rp 12.882.810.502,24, sehingga diperoleh total selisih RAB dengan RAP senilai Rp 3.157.076.284,77  atau 19,68%.

References

Arbana, Ilham, dkk 2017. Analisa RAB Terhadap Pelaksanaan Pekerjaan Perumahan Dengan Melakukan Perbandingan Perhitungan Harga Satuan Bahan Berdasarkan Survei Lapangan. Jurnal USU: Medan.

Ibrahim, H. Bachtiar. 2001. Rencana Dan Estimate Real of Cost. Jakarta : Bumi Aksara. Koch, Richard. 1997. The 80/20 Principle The Secret of Achieving More With Less. London. Kuddi, Gia Rosalia Sangle. 2015.Studi Perbandingan Anggaran Biaya Pada Proyek

Pembangunan Rumah Khusus Bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) Dan TNI di Kabupaten Dogiyai Prov. Papua Sebagai Upaya Meningkatkan Keuntungan Kontraktor, dalam jurnal: Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin.

Lantang, Fharel Novel. Dkk. 2014. Perencanaan Biaya Dengan menggunakan Perhitungan Biaya Nyata Pada Proyek Perumahan (Studi Kasus Perumahan Green Hill Residence), dalam jurnal : Sipil Statik Vol. 2 No. 2, 73 – 80, ISSN 2337 – 6732.

Mamonto, Hamka Prasetia. Dkk. 2015. Perbandingan Antara Biaya Nyata Dengan Biaya Teliti Pada Proyek Konstruksi (Studi Kasus : Proyek Gedung Indomaret Sam Ratulangi, Manado, dalam jurnal : Tekno Vol. 13/ No.64.

Sastraatmadja, Ir. a. Soedradjat. 1984. Analisa Anggaran Biaya Pelaksanaan. Bandung : Nova

Downloads

Published

2023-10-11

Issue

Section

Articles