ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI RESIKO PADA PROYEK KONSTRUKSI PEMBANGUNAN KAMPUS IV UIN-SU

Authors

  • Eva Junne Christine Hia Politeknik Negeri Medan

Keywords:

Lotsizing, Teknik, Kebutuhan

Abstract

Pekerjaan konstruksi merupakan pekerjaan yang banyak mengandung resiko pada bagian mutu, biaya dan waktu. Mutu, biaya dan waktu adalah komponen penting dalam pelaksanaan proyek konstruksi gedung. Agar penyimpangan  ini tidak terjadi, maka kontraktor perlu melakukan suatu tindakan untuk mengendalikan penyebab terjadinya penyimpangan terhadap mutu, biaya, dan waktu tersebut, sehingga dapat meminimalisasi dampak yang akan ditimbulkan. Tindakan yang dilakukan untuk mengendalikan faktor penyimpangan yang terjadi adalah dengan manajemen resiko. Penelitian ini menggunakan kuesioer sebagai instrument pengumpulan data dari lapangan. Skala pengukuran yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala likert. Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa ada dua elemen resiko yang memiliki nilai tingkat resiko tertinggi (25) dengan keterangan tidak ditoleransi yaitu R2 (Dokumen kontrak yang tidak lengkap) dan R13 (Tidak ada quality control). Dengan demikian diketahui bahwa pada proyek yang ditinjau masih perlu pengawasan terhadap manajemen konstruksi, dimana kedua elemen resiko tersebut merupakan hal penting dan mendasar pada pelaksanaan suatu proyek konstruksi.

References

Hanafi M.. Manajemen Risiko., Yogyakarta: Sekolah Tinggi ilmu manajemen YKPN, 2006.

Fahmi W. Iribaram, Miftahul H., 2018. Analisa Resiko Biaya Dan Waktu Konstruksi Pada Proyek Pembangunan Apartemen Biz Square Rungkut Surabaya. Jurnal Rekayasa dan Manajemen Konstruksi Vol. 6, No.3.

Nurlela, Heri S. 2014. Identifikasi Dan Analisis Manajemen Risiko Pada Proyek Pembangunan Infrastruktur Bangunan Gedung Bertingkat Jurnal Desain Konstruksi Volume 13 No. 2.

Dipohusodo, Istimawan. 1995. Manajemen Proyek & Konstruksi Jilid 1. Yogyakarta : Badan Penerbit Kanisius.

PT PP (Persero), 2003, Buku Referensi untuk Kontraktor Bangunan Gedung dan Sipil, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Praboyo, B. 1999. Keterlambatan Waktu Pelaksanaan Proyek: Klasifikasi dan Perangkat dari Penyebab-Penyebabnya, Volume 1 no.1 :49-58, Dimensi Teknik Sipil, Universitas Petra Surabaya.

Sukardi, Dewa Ketut. 1983. Dasar-Dasar Bimbingan Dan Penyuluhan di Sekolah. Surabaya: Usaha Nasional.

Dr.Riduwan. (2014). Metode dan Teknik Menyusun Proposal Penelitian (Untuk Mahasiswa S-1, S-2, dan S-3). Yogyakarta: Alfabeta.

Jurnal Rekayasa Sipil dan Lingkungan, ISSN 548-9518 Vol. 01, No. 02, Juli 2017.

Bukhori. 2018. Faktor-Faktor Yang Menyebabkan Pembengkakan Biaya Pada Konstruksi Gedung Di Kota Cirebon. Logika, Vol. XXII No. 1.

Bayu A. Nugroho. 2012. Analisis Faktor Keterlambatan Proyek Terhadap Pembengkakan Biaya Proyek Bangunan Gedung Di Surakarta. Skripsi. Fakultas Teknik. Jurusan Teknik Sipil. Universitas Sebelas Maret : Surakarta.

Downloads

Published

2023-10-11

Issue

Section

Articles