PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, UKURAN PERUSAHAAN DAN UKURAN DEWAN KOMISARIS TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.51510/polimedia.v24i4.1362Keywords:
Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan, Ukuran Dewan KomisarisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengarruh profitabilitas, leverage, ukuran perusahaan dan ukuran dewan komisaris terhadap pengungkapan corporate social responsibility pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2015-2020. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode Purposive Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas memiliki pengaruh terhadap pengungkapan corporate social responsibility. Sedangkan leverage, ukuran perusahaan dan ukuran dewan komisaris tidak berpengaruh terhadap pengungkapan corporate social responsibility
References
Abbas, D. S., Hakim, M. Z., & Istianah, N. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Leverage, Dan Kepemilikan Saham Publik Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (Pada Perusahaan Makanan Dan Minumanyang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2017). Competitive Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 3(2), 1-25.
Agustami, S., & Hidayat, S. (2015). Pengaruh Profibilitas Dan Kinerja Lingkungan Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial. Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan, 3(3), 753-760.
Anggraini, Fr. Reni Retno. (2006). Pengungkapan Informasi Sosial dan Faktor- Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Informasi Sosial dalam Laporan Keuangan Tahunan: Studi Empiris pada Perusahaan- Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta. Simposium Nasional Akuntansi 9, Padang.: 1- 21.
Anugrah, Rita. Rolland Hutabarat, dan W. Faradilla. (2010). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, dan Profitabilitas terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur yang Listing di BEI. Jurnal Ekonomi. Vol 18. 1 Maret 2010.
Arif, F. A., & Wawo, A. (2016). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Dan Likuiditas Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderasi. Assets: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, 6(2), 177-195.
Arifin, D. M. Z. (2013). Analisis Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage dan Ukuran Dewan Komisaris Terhadap Pengungkapan Tanggungjawab Sosial Perusahaan (Corporate Social Responsibility). Jurnal Al-Iqtishad, 9(1), 1-11.
Deegan, C. (2002). Introduction the Legitimising Efect of Social and Environmental Disclosure – a Theoritical Foundation. Accounting, Auditing and Accountability Journal. Volume 15 Nomor 3. 2002.Hal.282- 311.
Djakman, Chaerul. dan N. Machmud. (2008). Pengaruh Struktur Kepemilikan terhadap Luas Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial (CSR Disclosure) pada Laporan Tahunan Perusahaan: Studi Empiris pada Perusahaan Publik yang Tercatat di Bursa Efek Indonesia Tahun 2006. Simposium Nasional Akuntansi XI.
Indriyani, A. D., & Yuliandhari, W. S. (2020). Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Dan Umur Perusahaan Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Ekonomi, 6(1), 1559-1568.
Fahrizqi, Anggara. (2010). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) dalam Laporan Tahunan Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar dalam BEI). Skripsi Sarjana Jurusan Akuntansi pada Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro. Semarang.
Fauzi, Hasan. L. Mahoney dan A. A. Rahman. (2007). Institutional Ownership and Corporate Social Performance: Empirical Evidence from Indonesian Companies. SSRN and Issues in Social and Environmental Accounting. Journal Volume 1 Nomor 2.2007.Hal.334-347.
Febrina, IGN Agung Suaryana. (2011). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kebijakan Pengungkapan Tanggungjawab Sosial dan Lingkungan pada Perusahaan Manufaktur di BEI. SNA XIV Aceh.
Ghozali, I., & Chariri, A. 2007. Teori akuntansi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali. 2016. Aplikasi analisis multivariate dengan program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hadi, Nor. (2011). Corporate Social Responsibility. Graha Ilmu. Yogyakarta
Krisna, A. D., & Suhardianto, N. (2016). Faktor-faktor yang mempengaruhi pengungkapan tanggung jawab sosial. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 18(2), 119-128.
Kristi, A. A. (2013). Faktor-faktor yang mempengaruhi pengungkapan Corporate Social Responsibility pada perusahaan publik di Indonesia. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 1(1), 2-18.
Limbong, C. H. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengungkapan Corporate Social Responsibility Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar di BEI. ECOBISMA (Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen), 6(2), 114-128.
Marwata. (2001). Hubungan Antara Karakteristik Perusahaan dan Kualitas Ungkapan Sukarela dalam Laporan Tahunan Perusahaan Publik di Indonesia. Simposium Nasional Akuntansi IV. Bandung. 30-31 Agustus.
Maulana, F., & Yuyetta, E. N. A. (2014). Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR). Diponegoro Journal of Accounting, 3(2), 463-476.
Mia, Parvez dan Al-Mamun, Abdullah. (2011). Corporate Social Disclosure During The Global Financial Crisis. International Journal of Economics and Finance. Vol. 3, No. 6, Nopember 2011.
Mulyadi. (2002). Auditing. Jilid 1 Edisi Enam. Salemba Empat. Jakarta
Mutia, E., Zuraida, Z., & Andriani, D. (2011). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas Dan Ukuran Dewan Komisaris Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Telaah dan Riset Akuntansi, 4(2), 187-201.
Nisak, K., & Jaeni, J. (2019). Faktor Penentu Pengungkapan Corporate Social Responsibility (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Dinamika Akuntansi Keuangan dan Perbankan, 8(1).
Noviani, K., Yuniarta, G. A., Ak, S. E., & Wahyuni, M. A. (2018). Pengaruh Tingkat Profitabilitas, Komposisi Dewan Komisaris Independen, dan Kepemilikan Institusional terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2016. JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Undiksha, 8(2).
Nurkhin, A. (2009). Corporate Governance dan Profitabilitas; Pengaruhnya Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan yang Tercatat di Bursa Efek Indonesia) (Doctoral dissertation, program Pascasarjana Universitas Diponegoro).
Nur, M & Priantinah, D (2012), Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengungkapan Corporate Social Responsibility Di Indonesia, Jurnal Nominal, Vol.1, No.1, Hlm.22-34.
O‟Donovan, Gary. (2002). Environmental Disclo-sures in the Annual Report: Extending The Applicability and Predictive Power of Legiti-macy Theory. Accounting, Auditing and Accountability Journal, Vol. 15, No. 3, hlm. 344-371.
Oktariani, Ni Wayan dan Ni Putu Sri Harta Mimba. (2014). Pengaruh Karakteristik Perusahaan Dan Tanggung Jawab Lingkungan Pada Pengungkapan CSR Perusahaan.
Puspitaningtyas, Astri. (2011). Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur di BEI tahun 208-2009. Skripsi Universitas Negeri Semarang.
Purwanto, Agus. (2011). Pengaruh Tipe Industri, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Terhadap Corporate Social Responsibility. Jurnal Akuntansi & Auditing Volume 8 Nomor 1.2011.Hal.1-94.
Putri, R. W. E., & Baridwan, Z. (2013). Pengaruh profitabilitas terhadap pengungkapan corpoarate social responsibility studi empiris pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di bursa efek indonesia (bei) pada tahun 2010-2012. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 2(2).
Putri, R. A. dan Christiawan Y. J. (2014). Pengaruh Profatibilitas, Likuiditas, dan Leverage Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (Studi Pada Perusahaan-Perusahaan Yang Mendapat Penghargaan Isra dan Listed (Go-Public) Di Bursa Efek Indonesia (BEI) 2010-2012). Business Accounting Review, Vol. 2,1.
Putri, R. A. (2014). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, dan Leverage Terhadap Pengungkapan CSR. Business Accounting Review, 2(1), 61-70.
Rachman, H. A., & Nopiyanti, A. (2015). Pengaruh Profitabilitas, Leverage dan Ukuran Perusahaan Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR). Jurnal UPN Jakarta Selatan, 18(2).
Ratnasari, Yunita. (2011). Pengaruh Corporate Governance terhadap Luas Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan di dalam Sustainability Report. Jurnal. Universitas Diponegoro Semarang.
Rawi dan M. Muchlish. (2010). Kepemilikan Manajemen, Kepemilikan Institusi, Leverage dan Corporate Social Responsibility. Simposium Nasional Akuntansi XIII.
Ruroh, I. N., & Latifah, S. W. (2018). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan dan Risk Minimization terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR). Jurnal Akademi Akuntansi, 1(1).
Santioso, L., & Chandra, E. (2012). Pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan, leverage, umur perusahaan, dan dewan komisaris independen dalam pengungkapan corporate social responsibility. Jurnal Bisnis dan Akuntansi, 14(1), 17-30.
Saputra, S. E. (2016). Pengaruh leverage, profitabilitas dan size terhadap pengungkapan Corporate social responsibility pada perusahaan di bursa efek Indonesia. Journal of Economic and Economic Education, 5(1), 75-89.
Sari, W. N., & Rani, P. (2015). Pengaruh kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, return on assets (ROA) dan ukuran perusahaan terhadap pengungkapan corporate social responsibility (CSR) pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2013. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 4(1).
Santioso, L., & Chandra, E. (2012). Pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan, leverage, umur perusahaan, dan dewan komisaris independen dalam pengungkapan corporate social responsibility. Jurnal Bisnis dan Akuntansi, 14(1), 17-30.
Sartono, R Agus. (2010). Manajemen Keuangan Teori Dan Aplikasi. Edisi 4 BPFE: Yogjakarta
Sembiring, Eddy Rismanda. (2003). Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan CSR: Study Empiris pada Perususahaan yang Tercatat (Go- Publik) di Bursa Efek Jakarta. Tesis. Universitas Diponogoro. Semarang.
Sembiring, E, R. (2005). Karakteristik Perusahaan dan Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial: Studi Empiris pada Perusahaan yang Tercatat di Bursa Efek Jakarta. Simposium Nasional Akuntansi 8, Solo.
Sha, T. L. (2014). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Ukuran Dewan Ko, Isaris, Profitabilitas Dan Leverage Terhadap Pengungkapan Tanggungjawab Sosial Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bei. Jurnal Akuntansi, 18(1), 86-98.
Sitepu, A. C. dan Hasan. (2009).Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Pengungkapan Informasi Sosial dalam Laporan Tahunan pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek indonesia. Jurnal Akuntansi 19: 01-09.
Sekaran, U. dan Bougie R. 2017. Metode Penelitian Untuk Bisnis. Jakarta: Salemba Empat
Subara, V. M., & Saragih, F. D. (2020). Analisis Pengaruh Profitabilitas dan Leverage Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility.
Subiantoro, O. H. (2015). Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility. Jurnal Ilmu & Riset Akuntansi Volume 4 Nomor 9.2015.Hal.1-21.
Subiantoro, O. H., & Mildawati, T. (2015). Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, 49.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta The World Business Council for Sustainable Development (WBCSD). 1999. Meeting Changing Expectation: Corporate Social Responsibility.
Sumilat, H., & Destriana, N. (2017). Faktor-faktor yang mempengaruhi pengungkapan corporate social responsibility. Jurnal Bisnis Dan Akuntansi, 19(1a-2), 129-140.
Suwandani, A., & Suhendro, A. W. (2017). Pengaruh Profitabilitas Terhadap Harga Saham Perusahaan Manufaktur Sektor Makanan Dan Minuman Di Bei Tahun 2014-2015. Jurnal akuntansi dan pajak, 18(01).
Trisnawati, R. (2014). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage, Ukuran Dewan Komisaris Dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Pengungkap-An Corporate Social Responsibility (CSR) Industri Perbankan di Indonesia.
Widyatmoko, Rendro. (2011). Pengaruh Karakteristik Perusahaan terhadap Pengungkapan Laporan Tanggung Jawab Sosial (Studi Empiris pada Perusahaan Pertambangan yang terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia). Skripsi Sarjana Jurusan Akuntansi pada Fakultas ekonomi Universitas Diponogoro, Semarang
Yanti, N. K. A. G., & Budiasih, I. G. A. N. (2016). Pengaruh Profitabilitas, Leverage dan Ukuran Perusahaan pada Pengungkapan Corporate Social Responsibility. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 17(3), 1752-1779.
Yuliana, R., Purnomosidhi, B., & Sukoharsono, E. G. (2008). Pengaruh karakteristik perusahaan terhadap pengungkapan corporate social responsibility (CSR) dan dampaknya terhadap reaksi investor. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Indonesia, 5(2), 245-276.
Yuliawati, R., & Sukirman, S. (2015). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengungkapan Corporate Social Responsibility. Accounting Analysis Journal, 4(4).
Yunina, Y., & Eftiana, N. (2017). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Ukuran Dewan Komisaris Dan Sensitivitas Industri Terhadap Pengungkapan Corporate Socia Responsibility Pada Perusahaan Lq-45 Yang Terdaftar Di BEI Tahun 2014-2016. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 5(2), 119-136.
Yurika, V. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Likuiditas, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Pengungkapan CSR. Jurnal Paradigma Akuntansi, 1(3), 703-711.
Zulhaimi, H. (2017). Pengaruh Profitabilitas terhadap Corporate Social Responsibility Pada Perusahaan Manufaktur dan Jasa yang Terdaftar di BEI. Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan, 5(2), 1477-1488.
https://serunting.com/. Diakses pada tanggal 12 juli 2021
https://nasional.tempo.co/). Diakses pada tanggal 12 juli 2021
https://www.idnfinancials.com. Diakses pada tanggal 24 juni 2021
https://www.idx.co.id. Diakses pada tanggal 24 juni 2021.