ANALISIS BOSTON CONSULTING GROUP (BCG) PADA PT ASTRA HONDA MOTOR

INDONESIA

Authors

  • Fadel Yusuf Politeknik Negeri Medan
  • Fahri Yusuf Politeknik Negeri Medan
  • Nurlinda Politeknik Negeri Medan

Keywords:

Analisis Boston Consulting Group (BCG)

Abstract

Dalam melaksanakan strategi pemasaran selalu berkaitan dengan bauran pemasaran yang terdiri dari empat variabel yaitu product, price, place, promotion. Dimana keempat variabel tersebut saling berkaitan satu sama lain dan akan mempengaruhi dalam strategi pemasaran. Matrik BCG adalah matrik dan internal- external (IE) matrik yang dibentuk secara khusus dalam rangka meningkatkan usaha-usaha perusahaan yang memiliki multidivisi dengan merumuskan strategi yang paling cocok. Metode BCG Matrik adalah sebuah perencanaan portofolio model yang dikembangkan oleh Bruce Henderson dari Boston Consulting Group pada tahun 1970 awal. Hal ini didasarkan pada pengamatan bahwa unit bisnis perusahaan dapat diklasifikasikan ke dalam empat kategori berdasarkan kombinasi dari pertumbuhan pasar dan pangsa pasar relatif terhadap pesaing terbesar, maka nama "pertumbuhan-berbagi". Obyek dari penulisan ini adalah PT. Astra Honda Motor, yang bergerak dalam bidang produksi kendaraan roda dua dengan merek dagang Honda. PT Astra Honda Motor (AHM) merupakan pelopor industri sepeda motor di Indonesia. Didirikan pada 11 Juni 1971 dengan nama awal PT Federal Motor. Berdasarkan perhitungan matriks BCG untuk mengetahui pangsa pasar relatif (relative market share) maka telah diketahui bahwa pangsa pasar relatif Honda tahun 2018 sebesar 3,27 kali > 1 dan pada tahun 2019 sebesar 3,42 kali > 1 yang artinya menunjukkan bahwa PT.AHM memiliki pangsa pasar lebih besar dibandingkan dengan Yamaha karena nilai pangsa pasar relatifnya lebih besar dari satu.PT.AHM pada tahun 2018 sebesar 3,27 menjadi 3,42 pada tahun 2019, dengan kata lain mengalami kenaikan sebesar 0,15. Berdasarkan pada kedua matriks BCG posisi PT.AHM pada tahun 2018 dan tahun 2019 berada pada posisi star atau bintang yang menunjukkan bahwa posisi PT. AHM berada pada pertumbuhan tinggi dan pangsa pasar tinggi karena pangsa pasar PT. AHM pada tahun 2018 dan tahun 2019 dan mempunyai nilai pangsa pasar relatifnya pada tahun 2018 dan 2019 lebih besar dari satu (>1).

References

Engel, James F., David T. Kollat and Roger D. Blackwell. 1973. Consumer Behavior 2nd Edition. United States of America: Holt, Rinehart and Winston, Inc

Engel F.James, et al. 1995. Perilaku Konsumen. Jakarta: Binarupa Aksara

Ferdinand, Augusty. 2006. Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Frontier Consulting Group. 2011. Top Brand Index. Diakses 31 Maret 2011 dari http://www.topbrand-award.com

Geffen, Gijs van. 2009. “The Moderating Effect of Variety-seeking Behavior on the Satisfaction – loyalty relationship”. Final Thesis in Master of Science International Business Concentration: Strategic Marketing at Maastricht University. Diakses pada 29 December 2010 dari www.google.com

Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

https://www.aisi.or.id/statistic/

Downloads

Published

2023-02-16