Analisis Traveling Wave Signal untuk Menentukan Titik Gangguan Pada Saluran Tranmisi 150 KV PT PLN (Persero) Gardu Induk Glugur

Authors

  • Abdul Azis Hutasuhut Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Muhammad Daffa Aprilio Medan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Noorly Evalina Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Faisal Irsan Pasaribu Medan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Cholish Politeknik Negeri Medan
  • Abdullah Politeknik Negeri Medan

Keywords:

Saluran transmisi, Travelling Wave Signal, Gelombang Berjalan

Abstract

Kontinuitas penyaluran tenaga listrik yang baik merupakan dambaan bagi setiap konsumen energi listrik., maka diperlukan sistem proteksi untuk melindungi saluran transmisi dari kerusakan yang diakibatkan oleh gangguan, sistem proteksi yang digunakan pada saluran transmisi salah satunya adalah relai jarak (distance relay). Relai jarak digunakan karena kemampuannya menghilangkan gangguan dengan cepat serta penyetelannya yang relatif mudah. travelling wave sinyal adalah alat tambahan sebagai penguat dan pembanding untuk mengetahui lokasi gangguan yang akurat, metode yang digunakan adalah gelombang berjalan yang dimana komponen frekuensi tinggi diambil dari satu titik gangguan,  perhitungan dan analisis dari sinyal yang diambil, persentase error perhitungan menggunakan metode travelling wave signal tidak ada yang melebihi 0,5 %.

References

Hamdadi dan Fikriansyah, A. (2014). Analisa dan Pengaturan Ulang Relay Jarak Pada Saluran Udara Tegangan Tinggi 150 KV Keramasan – Bukit Asam. Jurnal Mikrotiga, 1(3), 9–17.

Baharsyah, F., & Gapy, M. (2018). Analisis Pengaruh Perubahan Suhu Lingkungan Terhadap Kapasitas Pembawa Arus Pada Kabel Tegangan Menengah. Jurnal Komputer, Informasi Teknologi, Dan Elektro, 3(2), 9–16.

Mu’tashim, Q. Z. (2017). Analisis Penggunaan Rele Jarak Pada Sistem Transmisi Gardu Induk 150 kV Jajar Ke Gardu Induk 150 kV Banyudono. E-Jurnal Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Shidiqi Malik Ash. (2018). Analisis Setting Relay Jarak (Distance Relay) Pada Saluran Udara Tegangan Tinggi 150 Kv Gardu Induk Bantul – Wates (Studi Kasus Pada Gardu Induk Bantul 150 Kv). 2–13.

Fakhrian, D. D. (2017). Analisis Perhitungan Setting Relay Jarak Pada Saluran Udara Tegangan Tinggi 150 Kv Gardu Induk Kentungan-Sanggrahan.

Krzysztof, G., Kowalik, R., Rasolomampionona, D., & Anwar, S. (2011). Traveling Wave Fault Location In Power Transmission Systems: An Overview. Journal Of Electrical Systems, 7(3), 287–296.

Ma, G., Jiang, L., Zhou, K., & Xu, G. (2016). A Method Of Line Fault Location Based On Traveling Wave Theory. International Journal Of Control And Automation, 9(2), 261–270. Https://Doi.Org/10.14257/Ijca.2016.9.2.25

Downloads

Published

2022-05-26