Rancang Bangun Mesin Pengering Biji Kopi Otomatis Menggunakan Sinar Ultraviolet Berbasis ESP 32

Authors

  • Syauqi Mar’I, M Politeknik Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.51510/jitl.v2i1.1651

Keywords:

ESP 32, Lampu UV (UltraViolet - B), IoT, Biji Kopi, Heater

Abstract

Tujuan pembuatan alat ini adalah untuk memudahkan atau membantu masyarakat dalam pengeringan biji kopi dalam kondisi cuaca yang kurang baik. Pengeringan biji kopi umumnya dijemur dibawah terik matahari. Hal ini tentu akan membutuhkan waktu yang cukup lama, Berdasarkan permasalahan itu, dibuatlah sebuah alat yang dapat membantu mengeringkan biji kopi tanpa adanya ketergantungan dengan sinar matahari, yaitu “Mesin Pengering Biji Kopi Otomatis Berbasis ESP 32” Alat ini akan bekerja secara otomatis dalam mengeringkan biji kopi dan dapat di kendalikan oleh smartphone, dimana setiap prosesnya akan ditampilkan melalui smartphone. Pengujian pengering biji kopi ini dilakukan secara konsisten dengan menggunakan 3 metode yaitu Heater dan Sinar lampu Ultra Violet – B, hanya menggunakan Heater, hanya menggunakan Sinar lampu Ultraviolet- B, dan membandingkan dengan menjemur di paparan sinar matahari.Pada metode ini mengkombinasikan antara heater dan lampu sinar ultra violet-B dan berhasil mendapatkan hasil yang lebih efisien dibandingkan dengan pengujian sebelumnya yakni hanya menggunakan Heater dan hanya menggunakan sinar lampu ultra Violet-B. Hasil pengujian ini menunjukkan bahwa alat ini dapat direkomendasikan sebagai alternatif pengembangan, pembelajaran, sebagai upaya untuk meningkatkan hasil akhir yang efisien dan dapat diterapkan ditengah-tengah masyarakat.

References

Chegini, H., Naha, R. K., Mahanti, A., & Thulasiraman, P. (2021). Process automation in an IoT–fog–cloud ecosystem: A survey and taxonomy. IoT, 2(1), 92-118.

Farhaty, N., & Muchtaridi, M. (2016). Kelembapan dan suhu pada biji kopi. Farmaka, 14(1), 214-227.

Setyawan, N. R. (2021). RANCANG BANGUN SISTEM PENGERING TEMBAKAU MENGGUNAKAN ESP-32 CAM (Doctoral dissertation, University of Technology Yogyakarta).

Windyasari, V. S., & Candra, M. A. (2021). PROTOTIPE SISTEM OTOMATIS LAMPU ULTRAVIOLET-B DENGAN SENSOR SUHU BERBASIS MIKROKONTROLER ARDUINO. Jurnal Algoritma, Logika dan Komputasi, 3(2).

Kondoh, J., Lu, N., & Hammerstrom, D. J. (2011, July). An evaluation of the water heater load potential for providing regulation service. In 2011 IEEE Power and Energy Society General Meeting (pp. 1-8). IEEE.

Puspaningrum, S. A., Suraatmadja, M. S., & Saputri, D. M. (2016). Desain Dan Implementasi Switching Regulator Pada Nanosatelit. eProceedings of Engineering, 3(1).

Muliadi, M., Imran, A., & Rasul, M. (2020). Pengembangan penegering biji cabai menggunakan esp32. Jurnal Media Elektrik, 17(2), 73-79.

Downloads

Published

2024-09-03