Analisa Gangguan Penghantar Berdasarkan Data Rekaman Relai Distance dan Rekaman DFR Bay Penghantar KSRAN-SMKEI 1 di PT PLN (Persero) Unit Layanan Transmisi dan Gardu Induk Kisaran

Authors

  • Miatri Handayani Politeknik Negeri Medan
  • M. Jusup J.P Politeknik Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.51510/jitl.v2i1.1647

Keywords:

Analisa, DFR, SUTT, Gangguan

Abstract

Sistem transmisi tenaga listrik merupakan salah satu bagian terpenting dalam penyaluran tenaga listrik. Salah satu komponen penting pada saluran transmisi yaitu sistem proteksi. Relai merupakan salah satu bagian penting dalam sistem proteksi saluran transmisi, maka harus mempunyai kemampuan mendeteksi adanya gangguan pada semua keadaan. Salah satu proteksi utama yang di gunakan untuk memproteksi saluran transmisi adalah rele jarak. Dalam sistem tenaga listrik tidak luput dari terjadinya gangguan, dan untuk menjaga keandalan sistem perlu  mengetahui  jenis gangguan yang terjadi untuk itu dibutuhkan peralatan bantu yang memonitor peralatan sistem tenaga listrik secara real time dan merekam gangguan/anomali yang terjadi. Data hasil rekaman tersebut menjadi sangat penting karena dapat digunakan untuk menganalisa penyebab dan akibat gangguan/anomali yang terjadi untuk mempercepat proses pemulihan gangguan. Data yang digunakan diperoleh melalui studi literature dan pengumpulan data yaitu data rekaman gangguan distance relay dan rekaman DFR. Dari analisa DFR dapat disimpulkan penyebab-penyebab gangguan dan penentuan lokasi gangguan pada SUTT melalui penunjukan fault locator dan perhitungan tegangan dan arus yang terganggu sehingga membuat pemulihan gangguan akan menjadi lebih cepat.

References

PLN, (2014), Himpunan Buku Pedoman Pemeliharaan Peralatan Sekunder Gardu Induk – Proteksi dan Kontrol Penghantar.

PLN, (2014), Himpunan Buku Pedoman Pemeliharaan Peralatan Sekunder Gardu Induk – Peralatan Perekam.

PLN, (2013), Penyaluran dan Pusat Pengatur Beban Jawa-Bali. 2013. Pedoman dan Petunjuk Sistem Proteksi Transmisi dan Gardu Induk.

PLN, (2010), DFR Untuk Dispatcher. Pusat Pendidikan dan Pelatihan, Jakarta.

Rosdianto, F. (2017), Analisis Data DFR (Digital Fault Recorder) Sebahagi Alat Bantu Penentuan Jenis Penyebab dan Lokasi Gangguan Pada Gangguan Saluran Udara Tegangan Tinggi Satu Fasa ke Tanah.

Downloads

Published

2022-07-01