PENGARUH PERCEIVED USEFULNESS, PERCEIVED EASE OF USE DAN PERCEIVED CREDIBILITY TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN M-BANKING DIMASA COVID-19

Authors

  • Azizah2020 azizah politeknik negeri medan
  • Anriza Witi Nasution Politeknik Negeri Medan
  • Ermyna Seri Politeknik Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.51510/budgeting.v1i2.474

Keywords:

Mobile banking, Keputusan Nasabah, Perceived Usefulness, Perceived Ease Of Use, Perceived Credibility

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Perceived Usefulness, Perceived Ease Of Use dan Perceived Credibility secara parsial dan simultan terhadap keputusan nasabah dalam menggunakan mobile banking di PT Bank Sumut Cabang Syariah Medan Ringroad Dimasa Pandemic Covid-19. Data penelitian ini data kualitatif yang dikuantitatifkan dengan menggunakan skala likert. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Sumber data primer dikumpulkan dengan kuesioner yang di distribusikan kepada 90 responden dengan teknik random sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda, uji statistik F, uji statistik t, uji koefisien korelasi (R) dan koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian ini menunjukkan  variabel Perceived Usefulness, Ease Of Use dan Perceived Credibility secara parsial dan simultan berpengaruh sangat kuat, positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah dalam menggunakan mobile banking di PT Bank Sumut Cabang Syariah Medan Ringroad Dimasa Pandemic Covid-19

References

Adams D.A, Nelson, R. R., dan Todd, P. A. 1992. Perceived Usefulness, Ease of Use and Usage of information Technology: A Replication. MIS Quartely Vol.16 No.2, p.227-247.
Agustina, Enta. 2015. Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan Penggunaan terhadap Sikap Pengguna Internet Banking (Studi Pada Nasabah PT. Bank Rakyat Indonesia
Kantor Cabang Kediri). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya. Vol. 3, No. 2
Buse, Stephan dan Rajnish Tiwari. 2007. The Mobile Commerce Prospects: A Strategic Analysis of Opportunities in the Banking Sector. Hamburg: Hamburg University Press.
Davis, F.D. 1989. Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology. MIS Quartely. Vol.13 No.5. p.319-339.
Hanoatubun, Silpa. 2020. Dampak COVID-19 Terhadap Perekonomian Indonesia. EduPsyCouns Journal. Vol.2 No.1. p.3.
Kotler, P. 2000. Marketing Management: The millenium edition (10th ed). Pr. London (International).
Luarn, P., dan Lin, H. H. 2005. Toward an understanding of the behavioral intention to use mobile banking. Computers in human behavior, Vol.21 No.6, p.873-891
Riswandi, B. A,. 2005. Aspek Hukum Internet Banking. Jakarta: Raja Wang, Y.S, Wang Y, M, Lin, H. H., dan Tang, T.I. 2003. Determinants of user acceptance of internet banking: An empirical Study. International journal of service Industry management, Vol.14, Iss.5, p.501.
Sulastini, Ni Putu dan Warmika, I. G. K. 2014. Aplikasi TAM, Persepsi Risiko dan Kepercayaan dalam Menjelaskan Niat Masyarakat Menggunakan Internet Banking. E-Journal Manajemen , Vol.3, No.4.
Vankatesh dan Davis, F.D. 2000. A Theoretical Extension of the Technology Acceptance Model: Four Longitudinal Field Studies. Management Science. Vol.46 No.2 p.186-504.
Grafindo. https://www.banksumut.co.id/. Diakses 4 April 2020 pukul 12:00 WIB.

Downloads

Published

2021-07-19

Issue

Section

November 2020