PENGARUH BEKERJA DARI RUMAH (WORK FROM HOME) TERHADAP KINERJA KARYAWAN BPKP

Authors

  • Irmayani Nasution Politeknik Negeri Medan
  • Zulhendry Politeknik Negeri Medan
  • Raina Rosanti Politeknik Negeri Medan

Keywords:

Bekerja Dari Rumah (Work From Home), Kinerja Karyawan, Badan Pengawasan Keuangan dan Pemabangunan (BPKP) Perwakilan Provinsi Sumatera Utara.

Abstract

Judul penelitian ini adalah “ Pengaruh Bekerja Dari Rumah (Work From Home) Terhadap Kinerja Karyawan Pada Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Provinsi Sumatera Utara”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh bekerja dari rumah (Work  From Home) terhadap kinerja karyawan yang bekerja di kantor Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) perwakilan provinsi Sumatera Utara. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 192 karyawan, dengan menggunakan teknik kuota sampling dalam pengambilan sampel, sehingga disimpulkan sebanyak 50 responden yang akan diberikan kuesioner secara online sebagai sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner secara online kepada 50 responden yaitu karyawanyang bekerja di kantor BPKP perwakilan provinsi Sumatera Utara, dan model jawaban menggunakan teknik penilaian Sekala Likert. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan analisis statistik deskriptif, uji kenormalan data dan regresi linier sederhana. Hasil penelitian didapatkan hubungan WFH dengan Kinerja Karyawan memiliki hubungan yang kuat (r=0,948) dan berpola positif, nilai koefisien determinasi 0,899, dan hasil uji statistik didapatkan ada hubungan yang signifikan antara WFH dengan Kinerja Karyawan (p=0,000b). Sehingga pada penelitian ini menerima Ha yaitu ada pengaruh work from home terhadap kinerja karyawan dan menolak H0 yaitu tidak ada pengaruh work from home kinerja karyawan.

References

Sumber Buku
Indrasari, M. 2017 . Kepuasan Kerja dan Kinerja Karyawan. Sidoarjo: Indomedia Pustaka.

Kasmir. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori dan Praktik).jilid,cetakan pertama. Depok : PT Raja Grafindo Persada.

Moeheriono. 2014. Pengukuran Kinerja Berbasis Komputer. Depok : PT Raja Grafindo Persada.

Nelawati. 2018. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Medan : CV Widya Puspita.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung : ALFABETA, cv.

Zuardi, Nurlinda, & Asmalidar. (2020) . Pedoman Teknis Penulisan Tugas Akhir
Program Studi Perbankan dan Keuangan.

Sumber Jurnal

Purwanto . 2020. Studi Eksplorasi Work From Home (WFH) Terhadap Kinerja Guru Selama Pandemi Covid-19.Journal of Education, Psychology and Counseling. Pelita Harapan University.Vol.2, No.1 2020 , h. 97.

Rokhani C.T.S. 2020. Pengaruh Work From Home (WFH) Terhadap Kinerja Guru SD Negeri Dengkek 01 Pati Selama Masa Pandemi Covid-19. SD Negeri Dengkek 01 Pati. Journal of Education, Psychology and Counseling.Volume 2 Nomor 1, 2020, h. 435.

Mungkasa O. 2020. Bekerja dari Rumah (Working From Home/WFH): Menuju Tatanan Baru Era Pandemi COVID 19. The Indonesian Journal of Development Planning Volume IV No. 2, 2020 h,127-128.
Ashal R.A. 2020. Pengaruh Work From Home Terhadap Kinerja Aparatur Sipil Negara Di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Tpi Medan. Medan. Volume 14, Nomor 2, Juli 2020, h, 223.

Sumber Tugas Akhir

Ummi, A. N. (2018) .Analisis Motivasi Kerja dan Kinerja Karyawan pada PT Bank Sumut KCP Setia Budi Medan.Tugas Akhir. Jurusan Akuntansi, Medan : Politeknik Negeri Medan.

Sumber Artikel
Djkn , 2020, Bekerja dari Rumah (Work From Home) Dari Sudut Pandang Unit Kepatuhan Internal, Online https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/13014/Bekerja-dari-Rumah-Work-From-Home-Dari-Sudut-Pandang-Unit-Kepatuhan-Internal.html, (Diakses 31 Maret 2020 08 : 00).

Sumber Webside

www.bpkp.go.id (diakses pada tanggal 10 April 2020)

Downloads

Published

2020-12-08

Issue

Section

Mei 2020