EVALUASI KINERJA ANGKUTAN UMUM TRAYEK KOTA LANGSA -BAYEUN KABUPATEN ACEH TIMUR

Authors

  • Mustafa Universitas Samudra Langsa
  • Eka Mutia Universitas Samudra Langsa
  • Wan Alamsyah Universitas Samudra Langsa

DOI:

https://doi.org/10.51510/agregat.v2i2.750

Keywords:

evaluasi, kinerja, angkutan umum

Abstract

Sistem transportasi nasional perlu terus di data dan disempurnakan dengan dukungan sumber daya manusia yang berkualitas, sehingga terwujud pelayanan yang baik antar transportasi. Sistem transportasi antar Kota dapat di artikan sebagai jaringan pengangkut manusia dan barang antar kota. Kota Langsa telah memiliki angkutan umum penumpang, namun tidak optimal dan cenderung ditinggalkan masyarakat karena dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya kinerja operasional yang rendah, sehingga permintaan dan penyedia jasa angkutan tidak seimbang, penyedia jasa lebih besar dari jumlah permintaan yang menimbulkan persaingan antar penyedia jasa angkutan untuk mendapatkan penumpang. Sejak mulai di operasikan, angkutan umum di manfaat kan oleh masyarakat Kota Langsa, angkutan umum di Kota Langsa disebut sebagai sudako. Metode analisis data penelitian ini menggunakan metode survei untuk menganalisis headway, load factor, dan kecepatan kendaraan. Kinerja Sudako trayek Kota Langsa-Bayeun belum baik dari sisi headway angkutan umum trayek Kota Langsa-Bayeun rata-rata 43 menit. Nilai rata-rata loadfactor diperoleh yaitu 29,62%. Hal ini menunjukkan bahwa hanya 29,62% kapasitas yang terisi oleh penumpang dari kapasitas yang tersedia. Dari analisis One Way Anova dapat dijelaskan bahwa terdapat faktor sosial ekonomi yang memiliki perbedaan yaitu status pekerjaan dengan nilai sig. 0,042 dan status pernikahan yang memiliki nilai sig. 0,021. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi penumpang dalam menggunakan layanan angkutan umum adalah status pekerjaan dan status pernikahan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ansusanto, J.D., Munawar, A., Priyanto, S. dan Wibisono, B.H., 2014, Karakteristik Pola Perjalanan Di Kota Yogyakarta. Jurnal Transportasi, Vol. 14 No. 1, 61-68.

Ardiansyah, Hudan Rahmani, dan Chairun Noorasyid, 2005, "Penentuan JumlahAngkutan Kota (Angkot) Di Kota Buntok Kab. Barito Selatan KalimantanTengah", Proceeding Simposium VIII FSTPT, UNSRI, Palembang.

Dwi Muryanto & Rudy Santosa, 2018, Evaluasi Kinerja Angkutan Umum Trayek Lyn HB1 Jurusan Tulangan – Terminal Larangan Kabupaten Sidoarjo.

Munawar, A., 2006, Perencanaan Angkutan Umum Perkotaan Berkelanjutan. Jurnal UNISIA.No.59, 51-59.

Nur Azizah Affandy,Zulkifli Lubis , 2013, Evaluasi Kinerja Angkutan umum Trayek LYN Merah Jurusan Sukodadi-Paciran Kabupaten Lamongan Berdasarkan Kepuasan Pelayanan.

Payaman Simanjuntak, 2005, "Evaluasi Kinerja", Artikel, http://www.nakertrans.go.id/berita/informasi hokum/depnakertrans htm.

Ramli dan Muralia, 2005, "Evaluasi Kinerja Angkutan Umum DiKota Makasar", Proceeding Simposium VIII FSTPT, UNSRI, Palembang.

Sugiyanto, G. dan Sugiyanto., 2009, Elastisitas Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kebutuhan Angkutan Umum Di London Dan Yogyakarta. Jurnal Transportasi, Vol 9 No.1, 25-35.

Widayanti, A., Supriyatno, D. 2015. Evaluasi Kinerja Angkutan Umum di Kabupaten Sidoarjo. The 17th FSTPT International Symposium. Jember University 15 (1).

Warpani, S, 1990, " Merencanakan Sistem Perangkutan ", ITB. Bandung

Downloads

Published

2022-11-30

How to Cite

Mustafa, Eka Mutia, & Wan Alamsyah. (2022). EVALUASI KINERJA ANGKUTAN UMUM TRAYEK KOTA LANGSA -BAYEUN KABUPATEN ACEH TIMUR. Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Agregat, 2(2), 72–80. https://doi.org/10.51510/agregat.v2i2.750