EVALUASI TINGKAT KERUSAKAN DENGAN METODE PCI (PAVEMENT CONDITION INDEX) DAN ANGGARAN PENANGANANNYA DI JALAN ISLAMIC CENTER, KOTA LANGSA
DOI:
https://doi.org/10.51510/agregat.v4i1.727Keywords:
Kerusakan perkerasan, PCI, anggaran biaya penangananAbstract
Jalan dibangun sebagai prasarana untuk mobilitas dan aksesbilitas suatu wilayah, namun jika kondisi jalan mengalami kerusakan maka akan mengganggu kenyamanan, keselamatan kendaraan, keindahan dan memengaruhi kinerja perkerasan yang akan berdampak pada penurunan kualitas jalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis kerusakan dan menganalisis nilai kerusakan jalan menggunakan metode PCI (Pavement Condition Index) sehingga dapat ditentukan penanganan yang tepat dan disertai perhitungan anggaran penanganannya. Metode PCI merupakan penilaian kondisi kerusakan perkerasan dengan indeks numerik yang nilainya antara 0 sampai dengan 100. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat jenis kerusakan-kerusakan yang terjadi pada ruas Jalan Islamic Center, Kota Langsa yaitu butiran lepas (28,11%), tambalan (25,44%), retak kulit buaya (15,94%), retak memanjang (10,58%), lubang (6,77%), retak berkelok-kelok (6,01%), amblas (5,57%), retak pinggir (1,10%), retak diagonal (0,27%), dan retak melintang (0,24%). Keseluruhan kondisi perkerasan ruas Jalan Islamic Center memiliki nilai PCI yaitu 54,94 yang termasuk ke dalam kondisi sedang atau fair. Dalam penentuan jenis penanganan kerusakan diperoleh dari survei identifikasi kerusakan dan penanganan yang digunakan pada kondisi ruas jalan secara keseluruhan dilakukan rehabilitasi dikarenakan keadaan permukaan perkerasan semakin memburuk. Penanganan untuk keseluruhan terhadap kondisi perkerasan diteliti dengan anggaran biaya penangaannnya disesuaikan berdasarkan harga satuan biaya dan upah yang berlaku pada Kota Langsa, sehingga didapat anggaran penanganan untuk kondisi kerusakan perkerasan lentur di Jalan Islamic Center adalah Rp 105.495.000 ,-.
Downloads
References
Direktorat Jenderal Bina Marga. (1990). Tata Cara Penyusunan Program Pemeliharaan Jalan Kota No. 018/T/BNKT/1990. 018, 47. http://sni.litbang.pu.go.id/image/sni/isi/018-t-bnkt-1990.pdf
Efendi, M., Saleh, S. M., & Isya, M. (2015). Evaluasi Tingkat Kerusakan Jalan Dengan Metode Pavement Condition Index ( Pci ) ( Studi Kasus : Ruas Jalan Panton Labu – Langsa – Batas Sumut ). 4(2), 107–118.
Faisal, R., Zulfhazli, Hakim, A. A., & Muchtaruddin. (2020). Perbandingan metode Bina Marga dan metode PCI (Pavement Condition Index) dalam mengevaluasi kondisi kerusakan jalan. Teras Jurnal, 10(1), 110–122.
Indonesia, P. R. (2006). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 2006 Tentang Jalan. Biotechnologia Aplicada, 23(3), 202–210.
Langsa, P. K. (n.d.). Qanun-Kota-Langsa-Nomor-19-Tahun-2015-Perubahan-RPJM-Kota-Langsa-2012-2017_opt.pdf.
Langsa, P. K. (2013). Qanun Kota Langsa Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Langsa. 1–10.
Nikolaides, A. (2020). Pavement management. Highway Engineering, 826–839. https://doi.org/10.1201/b17690-21
Pradita, O. W., Aqli, Z., & Silitonga, S. P. (2018). Evaluasi Tingkat Kerusakan Jalan Dengan Metode Pavement Condition Index ( Pci ) Untuk Menunjang Pengambilan Keputusan ( Studi Kasus Ruas Jalan Nasional Kabupaten Pulang Pisau Provinsi Kalimantan Tengah ). 4, 40–44.
Ramli, Y., Isya, M., & Saleh, S. M. (2018). Evaluasi Kondisi Perkerasan Jalan Dengan Menggunakan Metode Pavement Condition Index (Pci) (Studi Kasus Ruas Jalan Beureunuen – Batas Keumala). Jurnal Teknik Sipil, 1(3), 761–768. https://doi.org/10.24815/jts.v1i3.10037
Sukirman, S. (1999). Perkerasan Jalan Lentur. Perkerasan Jalan Lentur, 1–129.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Refki Tara Sena, Ellida Novita Lydia, Meilandy Meilandy

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.