ANALISIS PENERAPAN MANAJEMEN WAKTU PADA PROYEK REHABILITASI TERMINAL PENUMPANG TIPE A KOTA LANGSA

Authors

  • Nurullidia Rahmi Universitas Samudra
  • Meilandy Purwandito Universitas Samudra
  • Firda Sari Universitas Samudra

DOI:

https://doi.org/10.51510/agregat.v2i1.722

Keywords:

Manajemen waktu, CPM, Jalur Kritis

Abstract

Penerapan manajemen waktu sangat diperlukan dalam pekerjaan proyek untuk memastikan jadwal penyelesaian pekerjaan konstruksi sesuai dengan penerapan. Pada proyek pembangunan Rehabilitasi Terminal Penumpang Tipe A merupakan suatu proyek yang sangat komplek sehingga diperlukan penerapan manajemen waktu yang baik. Penelitian ini membahas tentang pelaksanaan seperti apa yang dilaksanakan oleh perusahaan kontraktor sekaligus mengevaluasikan penerapan manajemen waktu pada proyek Rehabilitasi Terminal Penumpang Tipe A. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi perusahaan kontraktor dengan menggunakan metode CPM (Critical Path Method). Data diperoleh dari hasil wawancara serta obsevasi langsung ke lapangan. Adapun metode penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Diagram Network Planning. Analisis disimpulkan bahwa penerapan manajemen waktu yang ada pada proyek Rehabilitasi Terminal Penumpang Tipe A Kota Langsa belum optimal dapat dilihat menggunakan diagram CPM untuk proyek ini diketahui ada 32 item pekerjaan dan mengalami penambahan waktu dalam pelaksanaan proyek, serta diketahui jalur kritis yaitu di pekerjaan E (Pekerjaan Pendahuluan), F (Pekerjaan Dinding dan Unit loket), AD (Pekerjaan Rangka Baja IWF), AE (Pekerjaan ACP dan Atap Genteng Metal Galbalum), AF ( Pekerjaan Marka, Signage dan rambu-rambu), pada penerapan manajemen waktu yang belum optimal ini disebabkan beberapa faktor yaitu keterlambatan material, dan peralatan yang terdapat pada jaringan kerja dari laporan mingguan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardani. 2009. “Analisa Penerapan Manajemen Waktu Pada Proyek Konstruksi Jalan.” Universitas Sumatera Utara (Manajemen Waktu): 1–76.

Aryani, Fiki, Rafie, Syahruddin. 2016. “Analisa Penerapan Manajemen Waktu Pada Proyek Konstruksi Jalan Lingkungan Lokasi Kalimantan Barat.” Jurnal Teknik Sipil Untan: 1–16.

Charles Smirth. 2017. Project Management and Teamwork. Making Sense of Project Realities.

Clough, Richard H., and Glenn A. Sears. 1991. Construction Project Management. Canada: John Wiley & Sons Inc.

Dharma, A, and A Adhi. 2012. “PERENCANAAN JARINGAN KERJA PADA ERECTION BLOCK KAPAL UNTUK MENINGKATKAN EFISIENSI WAKTU PEMBUATAN” Jurnal Teknik Mesin 01: 42–51.

Elvira Handayani, Dedy Iskandar. 2016. “Penerapan Manajemen Waktu Menggnakan Network Planning (CPM) Pada Proyek Konstruksi Jalan (STUDI Kasus Peningkatan Jalan Sp. Berembang – Sp. Jambi Kecil).” Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi 15(1): 1–7.

Iluk, Tsalist, Ahmad Ridwan, and Sigit Winarto. 2020. “Penerapan Metode CPM Dan PERT Pada Gedung Parkir 3 Lantai Grand Panglima Polim Kediri.” Jurnal Manajemen Teknologi & Teknik Sipil 3(2): 162.

Ismida, Yulina, Ipak Neneng, and Mardiah Bukit. 2018. “Karakteristik Perusahaan Konstruksi Kualifikasi Kecil Dalam Penerapan Sistem Manajemen Resiko Di Kabupaten Aceh Timur , Aceh Tamiang Dan Kota Langsa.” Jurnal Ilmiah 5(2): 001–012.

Iwawo, Ezekiel R M, Jermias Tjakra, and Pingkan A K Pratasis. 2016. “Penerapan Metode Cpm Pada Proyek Konstruksi (Studi Kasus Pembangunan Gedung Baru Kompleks Eben Haezar Manado).” Jurnal Sipil Statik 4(9): 551–58.

Pratasik, Failen. 2013. “Menganalisis Sensitivitas Keterlambatan Durasi Proyek Dengan Metode Cpm (Studi Kasus : Perumahan Puri Kelapa Gading).” Fakultas Teknik, Jurusan Teknik Sipil, Universitas Sam Ratulangi Manado 1(9): 603–7.

Soeharto, Iman. 1999. 1 Penerbit Erlangga Manajemen Proyek: Dari Konseptual Sampai Operasional.

Suhudi, Maria Yoventa Rhebi; Nawir Rasidi; 2016. “Analisis Penerapan Manajemen Waktu Ada Proyek Bangunan Perkantoran Revistar 3 Lantai Graha Dewata Malang.”

Walean, David M, R J M Mandagi, J Tjakra, and G Y Malingkas. 2012. “PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN JADWAL DENGAN MENGGUNAKAN PROGRAM MICROSOFT PROJECT 2010 (Studi Kasus: Proyek PT. Trakindo Utama).” Jurnal Sipil Statik 1(1): 22–26

Downloads

Published

2022-05-31

How to Cite

Nurullidia Rahmi, Meilandy Purwandito, & Firda Sari. (2022). ANALISIS PENERAPAN MANAJEMEN WAKTU PADA PROYEK REHABILITASI TERMINAL PENUMPANG TIPE A KOTA LANGSA. Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Agregat, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.51510/agregat.v2i1.722

Issue

Section

Articles