Desain Sistem Proteksi Eksternal Pada Terminal Penumpang Pelindo 1 Cabang Tembilahan

Authors

  • Muhammad Sukri Habibi Daulay Politeknik Negeri Medan
  • Charla Tri Selda Manik Politeknik Negeri Medan
  • Mutiara Widasari Sitopu Politeknik Negeri Medan
  • Ummu Handasah Politeknik Negeri Medan
  • Bakti Viyata Sundawa Politeknik Negeri Medan

Keywords:

Sistem proteksi petir, terminasi udara, kawat penghantar, pentanahan

Abstract

Sistem proteksi gedung ini terdiri dari sistem proteksi internal dan eksternal. Sistem proteksi internal adalah suatu sistem yang memproteksi suatu bangunan untuk menghindari terjadinya beda potensial pada semua titik di instalasi atau peralatan yang terdapat di dalam 3 bangunan yang dapat dihasilkan dari induksi elektromagnetik sambaran petir. Sedangkan sistem proteksi eksternal terdiri dari terminasi udara, kawat penghantar dan pentanahan yang dimana sistem proteksi ini yang terletak di luar kontruksi gedung yang berfungsi sebagai titik sambar petir yang menerima arus petir secara langsung dan mengalirkannya ke sistem grounding melalui kawat penghantar (down conductor). Sistem proteksi petir yang menjadi objek pada penelitian ini adalah sistem proteksi petir eksternal. Pemasangan sistem tersebut didasarkan pada standar-standar yang telah diterapkan di Indonesia yaitu standar NFPA (The National Fire Protection Association) 780, standar IEC (International Electrotechnical Commission) 1024-1-1. Perhitungan ini digunakan untuk mengetahui kebutuhan pemasangan sistem proteksi petir pada bangunan bertingkat tersebut. Kemudian selanjutnya menghitung jari-jari bola bergulir, sudut lindung dan jumlah penangkal petir. Sehingga dapat menampilkan zona proteksi penangkal petir menggunakan metode bola gelinding. Sehingga dapat diperoleh sistem proteksi petir eksternal yang sesuai dan dapat melindungi keseluruhan gedung dari sambaran petir. 

References

NFPA 780. Installation of Lightning Protection System. National Fire Association.

IEC 62305-1. Protection Against Lightning. International Electro Commissio.

Reynaldo Zoro. External Lightning Protection System at Pulp and Paper Industry in Areas with High Lightning Density. IEEE, 2018.

Bryan Denov. Evaluation of NFPA 780 Standard for Lightning Protection of Oil and Gas Installation in Indonesia. IEEE, 2023.

Gary T. Brandon. Applicability of IEC 62305 for Lightning Protection of U.S. Power Generation Facilities. IEEE, 2020.

Mirko Yanque Tomasevich. Effects of Using NPFA 780 Maximum Installation Distances to Configure Air-Termination Systems. IEEE, 2023.

Downloads

Published

2023-04-01

How to Cite

[1]
M. S. H. Daulay, C. T. S. Manik, M. W. Sitopu, U. Handasah, and B. V. Sundawa, “Desain Sistem Proteksi Eksternal Pada Terminal Penumpang Pelindo 1 Cabang Tembilahan”, TRJT, vol. 3, no. 1, pp. 24–28, Apr. 2023.

Issue

Section

Jurnal Teknologi Rekayasa Jaringan Telekomunikasi (TrekRiTel)