Rancang Bangun Sistem Pengisian Dan Pengosongan Air Otomatis Pada Akuarium Berdasarkan Level Air

Authors

  • Andre Agashi Siallagan Politeknik Negeri Medan
  • Harris Aminuddin Politeknik Negeri Medan

Keywords:

sensor ultrasonik, Modul RTC, Arduino Uno

Abstract

Kualitas dan kondisi air akuarium merupakan hal yang sangat penting dan perlu mendapatkan perhatian khusus dalam merawat dan memelihara ikan teruatama pada ikan hias. Seiirng dengan perkembangan teknologi, mulai muncul berbagai inovasi teknologi yang dapat diterapkan untuk mempermudah perkerjaan kelompok maupaun individu. Perancangan akuarium menggunakan Sensor ultrasonik sebagai menentukan level air pada akuarium dan modul Real Time Clock (RTC) yang berfungsi sebagai menentukan jadwal pergantian air pada akuarium. Pergantian air ditentukan modul RTC berdasarkan jadwal yang telah ditentukan dan pompa air yang menguras akuarium serta melakukan pengisian air. LCD (Liquid Crystal Display) berfungsi menampilkan level air pada akuarium dan menampilkan jadwal pergantian yang telah ditentukan dari modul RTC. Pada penelitian ini penulis menggunakan metode eksperimental. Pengendali dari Rancangan penulis menggunakan mikrokontroller Arduino Uno. Berdasarkan hasil pengujian, proses pengurasan terjadi apabila jadwal sudah terpenuhi dan secara otomatis motor pompa melakukan pengurasan hingga volume air 25% dan secara otomatis motor pompa tidak menyala, pada saat 25% motor pompa pengisian akan menyala otomatis hingga volume air 99% dan motor pompa pengisian tidak menyala. Tujuan dari peneletian adalah sebuah sistem kontrol yang dilakukan secara otomatisasi dapat mempermudah pecinta ikan dalam melakukan pengurasan akuarium serta pengisian air kedalam akuarium secara otomatis.

References

Fadhilah, M. D., Santoso, I. H., & Astuti, S. (2021). Rancang bangun alat penyiraman otomatis berbasis Internet of Things dengan Notifikasi Whatsapp. Journal Engineering, 8(6).

Ginting, T. A. P. (2018). Rancang Bangun Alat Pembersih Akuarium dan Pemberi Makan Ikan Otomatis Berbasis Mikrokontroler Atmega 8535. Skripsi.

Huda, M. T. N. (2019). Pemantauan dan Kendali Irigasi Tetes (Drip Irrigation) pada Tanaman Sayur Berbasis IoT. Politeknik Negeri Bandung.

Muanah, M., Karyanik, K., & Romansyah, E. (2020). RANCANG BANGUN DAN UJI KINERJA PENERAPAN TEKNIK IRIGASI TETES PADA LAHAN KERING. Jurnal Agrotek Ummat, 7(2). https://doi.org/10.31764/jau.v7i2.3128

Downloads

Published

2023-04-01

How to Cite

[1]
A. A. Siallagan and H. Aminuddin, “Rancang Bangun Sistem Pengisian Dan Pengosongan Air Otomatis Pada Akuarium Berdasarkan Level Air”, TRJT, vol. 3, no. 1, pp. 18–23, Apr. 2023.

Issue

Section

Jurnal Teknologi Rekayasa Jaringan Telekomunikasi (TrekRiTel)