Rancang Bangun Penyiraman Tanaman Menggunakan Sistem Irigasi Tetes

Authors

  • Elizabeth Tania Henditia Hutagalung Politeknik Negeri Medan
  • Elferida Hutajulu Politeknik Negeri Medan

Keywords:

Kelapa Sawit, Arduino Uno, RTC

Abstract

Seiring dengan perkembangan teknologi, mulai mucul berbagai inovasi teknologi yang dapat digunakan untuk mempermudah pekerjaan individu atau kelompok. Peneliti merancang sebuah sistem penyiraman menggunakan sistem irigasi tetes dengan menggunakan Real Time Clock (RTC) berbasis arduino uno. Penyiraman ini bekerja secara otomatis berdasarkan jadwal penyiraman yang telah ditentukan oleh pengguna. Pengguna dapat melakukan setting waktu penyiraman dengan menggunakan keypad. Penyiraman dilakukan sebanyak dua kali sehari pada jam 7.30 WIB dan 17.00 WIB dimana pada setiap penyiraman, air yang teraliri sebanyak 1 liter dengan durasi penyiraman selama 2 menit pada setiap penyiraman baik pagi maupun sore dan apabila penyiraman ingin dilakukan satu kali sehari maka durasi penyiraman adalah selama 4 menit serta dengan kebutuhan air pada bibit kelapa sawit tahapan main nursery sebanyak 2 liter/hari/polybag. Sistem ini berhasil mendistribusikan air sesuai dengan kebutuhan bibit adalah sebanyak 8 kali dari 10 kali percobaan yang dilakukan.

References

Fadhilah, M. D., Santoso, I. H., & Astuti, S. (2021). Rancang bangun alat penyiraman otomatis berbasis Internet of Things dengan Notifikasi Whatsapp. Journal Engineering, 8(6).

Huda, M. T. N. (2019). Pemantauan dan Kendali Irigasi Tetes (Drip Irrigation) pada Tanaman Sayur Berbasis IoT. Politeknik Negeri Bandung.

Muanah, M., Karyanik, K., & Romansyah, E. (2020). RANCANG BANGUN DAN UJI KINERJA PENERAPAN TEKNIK IRIGASI TETES PADA LAHAN KERING. Jurnal Agrotek Ummat, 7(2). https://doi.org/10.31764/jau.v7i2.3128

Downloads

Published

2023-04-01

How to Cite

[1]
E. T. H. Hutagalung and E. Hutajulu, “Rancang Bangun Penyiraman Tanaman Menggunakan Sistem Irigasi Tetes”, TRJT, vol. 3, no. 1, pp. 12–17, Apr. 2023.

Issue

Section

Jurnal Teknologi Rekayasa Jaringan Telekomunikasi (TrekRiTel)