Rancang Bangun Alat Ukur Uji Emisi Kendaraan Gas Karbon Monoksida (CO), Karbondioksida (CO2), dan Hidrokarbon (HC) Berbasis IoT

Authors

  • Angelia Maharani Purba Politeknik Negeri Medan
  • Efandsah Perdana Siregar Politeknik Negeri Medan

Keywords:

Sensor MQ-2, Sensor MQ-135, LCD, Telegram

Abstract

Dalam upaya mengatasi masalah pencemaran udara yang disebabkan oleh emisi kendaraan bermotor, penelitian ini merancang alat ukur uji emisi kendaraan gas karbon monoksida(CO), karbondioksida (CO2), dan hidrokarbon (HC) berbasis Internet of Things (IoT). Alat ini bertujuan untuk memantau secara real-time kadar emisi kendaraan dan memberikan notifikasi peringatan jika emisi melebihi batas yang ditentukan. Alat ini menggunakan sensor MQ-2 dan MQ-135 untuk mengukur gas CO, CO2, dan HC pada hasil pembakaran kendaraan bermotor secara langsung dari knalpot. Pengujian dilakukan untuk memastikan kinerja dan akurasi alat dalam mendeteksi emisi kendaraan. Hasil pengukuran ditampilkan dalam satuan ppm pada aplikasi Telegram melalui konektivitas IoT. Rancang bangun alat ini diharapkan dapat berkontribusi dalam upaya mengurangi polusi udara dan meningkatkan kualitas udara serta lingkungan secara keseluruhan.

References

Dias, S., Kurniadi, W., Hannats, M., Ichsan, H., & Setyawan, G. E. (2019). Sistem Monitoring Kadar Gas Berbahaya Di Lingkungan Industri Menggunakan Protokol MQTT. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(1).

Yu, W., Wang, T., Xiao, Y., Chen, J., & Yan, X. (2020). A carbon emission measurement method for individual travel based on transportation big data: The case of nanjing metro. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(16). https://doi.org/10.3390/ijerph17165957

Downloads

Published

2023-04-01

How to Cite

[1]
A. M. Purba and E. P. Siregar, “Rancang Bangun Alat Ukur Uji Emisi Kendaraan Gas Karbon Monoksida (CO), Karbondioksida (CO2), dan Hidrokarbon (HC) Berbasis IoT”, TRJT, vol. 3, no. 1, pp. 1–6, Apr. 2023.

Issue

Section

Jurnal Teknologi Rekayasa Jaringan Telekomunikasi (TrekRiTel)