PERANCANGAN PISAU PENCACAH MESIN PENCACAH PLASTIK POLYETHYLENE TEREPHTHALATE PET

Authors

  • Arie Sucipto Program Studi Teknik Mesin, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Medan
  • Leonardo Manurung Program Studi Teknik Mesin, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Medan
  • Khairul Rahmi Program Studi Teknik Mesin, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Medan
  • Nelson Manurung Program Studi Teknik Mesin, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Medan
  • Sumartono Program Studi Teknik Mesin, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Medan
  • Muhammad Anhar Pulungan Program Studi Teknik Mesin, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Medan
  • Piktor Tarigan Program Studi Teknik Mesin, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.51510/sinergipolmed.v3i1.706

Keywords:

Mesin Pencacah, Botol Plastik, Polyethylene Terephalate

Abstract

Plastik merupakan jenis sampah yang sulit terurai, karena sifat plastik yang tak mudah terbiodegradasi. Plastik PET merupakan plastik yang sering digunakan sebagai wadah makanan. Plastik PET dapat di temukan pada hampis semua botol air mineral. Plastik ini dirancang untuk satu kali penggunaan saja. untuk mengurangi dampak lingkungan dari sampah plastik, maka material plastik harus didaur ulang untuk mendapatkan kembali produk plastiknya maupun untuk menghasilkan produk lain yang bernilai ekonomis dengan cara dicacah terlebih dahulu. Dengan demikian penulis mengambil judul tugas akhir “Rancang bangun mesin pencacah plastik Polyethylene terephthalate kapasitas 60 Kg/jam”. Dalam perancangan mesin pencacah plastik ini dilakukan perancangan berupa perhitungan dan pemilihan komponen – komponen mesin antara lain : mata pisau, poros, bantalan,motor, sabuk dan puli. Dan juga melakukan perancangan berupa desain gambar. Mesin pencacah plastik ini memiliki dimensi 395 mm × 720 mm × 1305 mm dengan konstruksi yang sederhana dan mudah dioperasikan, yaitu dengan menggunakan satu buah poros dan 8 buah mata pisau yang terdiri dari 6 buah pisau dinamis dan 2 buah pisau statis. Penggerak utama mesin pencacah plastik menggunakan motor bensin sebesar 6 HP dengan putaran 2200 rpm.

References

Azhari, C. & D. Maulana. (2018). perancangan mesin pencacah plastik tipe crusher kapasitas 50 kg/jam. Jurnal Online Sekolah Tinggi Teknologi Mandala 13, 7-14.

Budianto, A., R. Adyus & T. Chrisnawansih. (2017). Pirolisiss Botol Plastik Bekas Minuman Air Mnieral Jenis Pet Menjadi Fuel. Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapapan, 5, 201-206.

Karuniastuti, N. (2013). Bahaya plastik terhadap kesehatan dan lingkungan. Swara Patra 3, 6-14

Upingo, H., Y. Djamalu dan S. Botutihe (2016). Optimalisasi Mesin Pencacah Plastik Otomatis. Jurnal Teknologi Pertanian Gorontalo 1, 112-139.

Huzein, R. dan T. Hasballah (2021). Rancang Bangun Mesin Pencacah Plastik Jenis PET (Polyethlene Terephtalate) Kapasitas 50 Kg/Jam. Jurnal Teknologi Mesin UDA 1, 1-8.

Putra, H.P., Yuriandala, Y. (2010). Studi pemanfaatan sampah plastik menjadi produk dan jasa kreatif. Jurnal Sains & Teknologi Lingkungan 2, 21-31.

Downloads

Published

2022-04-05