ANALISIS BEBAN DAN TEGANGAN PADA KNUCKLE ARM MOBIL LISTRIK FORMULA STUDENT

Authors

  • Don Joean Iskandar Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Singaperbangsa Karawang, Jl. HS.Ronggo Waluyo, Kel.Puseurjaya, Kec.Telukjambe Timur, Kab.Karawang, Prov. Jawa Barat, Kode Pos 41361, Indonesia.
  • Kardiman Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Singaperbangsa Karawang, Jl. HS.Ronggo Waluyo, Kel.Puseurjaya, Kec.Telukjambe Timur, Kab.Karawang, Prov. Jawa Barat, Kode Pos 41361, Indonesia.
  • Siswadi Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Singaperbangsa Karawang, Jl. HS.Ronggo Waluyo, Kel.Puseurjaya, Kec.Telukjambe Timur, Kab.Karawang, Prov. Jawa Barat, Kode Pos 41361, Indonesia.
  • Afif Fachrudin Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Singaperbangsa Karawang, Jl. HS.Ronggo Waluyo, Kel.Puseurjaya, Kec.Telukjambe Timur, Kab.Karawang, Prov. Jawa Barat, Kode Pos 41361, Indonesia.
  • Candan Tabayyun Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Singaperbangsa Karawang, Jl. HS.Ronggo Waluyo, Kel.Puseurjaya, Kec.Telukjambe Timur, Kab.Karawang, Prov. Jawa Barat, Kode Pos 41361, Indonesia.
  • Ardiansyah Arum Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Singaperbangsa Karawang, Jl. HS.Ronggo Waluyo, Kel.Puseurjaya, Kec.Telukjambe Timur, Kab.Karawang, Prov. Jawa Barat, Kode Pos 41361, Indonesia.

DOI:

https://doi.org/10.51510/sinergipolmed.v6i2.2464

Keywords:

Knuckle Arm, kendaraan listrik, analisis elemen hingga

Abstract

Knuckle arm merupakan salah satu komponen penting pada sistem suspensi kendaraan yang berfungsi sebagai penghubung antara sistem kemudi, suspensi, dan roda. Dalam konteks kendaraan listrik, efisiensi struktural dan ketahanan terhadap beban menjadi hal krusial untuk menjamin performa dan keselamatan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis respons mekanis knuckle arm terhadap variasi beban statik menggunakan pendekatan simulasi berbasis metode elemen hingga (Finite Element Method/FEM). Proses pemodelan geometri dilakukan menggunakan perangkat lunak SolidWorks, sedangkan simulasi dan analisis struktural dilakukan dengan variasi pembebanan sebesar 500 N, 800 N, dan 1000 N. Material yang digunakan adalah Aluminium 6061-T6 dengan tegangan luluh sebesar 275.000.000 N/m². Parameter yang dianalisis meliputi tegangan von mises, deformasi total (displacement), dan faktor keamanan (safety factor). Hasil simulasi menunjukkan bahwa seluruh nilai tegangan maksimum berada jauh di bawah tegangan luluh material, dengan nilai tegangan tertinggi sebesar 4.408.601 N/m² pada beban 1000 N. Deformasi maksimum yang terjadi adalah 0,004 mm, dan nilai safety factor konstan sebesar 3,000. Sehingga diketahui desain knuckle arm yang dianalisis memiliki ketahanan struktural yang baik dan aman digunakan dalam rentang beban statik tersebut. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi dasar pengembangan desain komponen kendaraan listrik yang lebih efisien dan andal secara struktural.

References

Advanced Vehicle Technology. (2002). Elsevier.

Bucalem, M. L., & Bathe, K. J. (1997). Finite element analysis of shell structures. Archives of Computational Methods in Engineering, 4(1), 3–61.

Dagar, N., Sharma, R., Lal Rinawa, M., Gupta, S., Chaudhary, V., & Gupta, P. (2022). Design and analysis of piston using aluminum alloy and composites in Solidworks and Ansys. Materials Today: Proceedings, 67, 784–791.

Desai H, M. S. (2014). Basic Concepts of Finite Element Analysis and its Applications in Dentistry: An Overview. Journal of Oral Hygiene & Health, 02(05).

Dong, Z. R., Deng, Z. J., Ren, S. Y., Qiu, H., & Qi, T. Z. M. (2012). Suspension Design and Research for Electric Vehicles with Independent Steering and Driving. Advanced Materials Research, 479–481, 1481–1489.

Dusane, S. V, Dipke, M. K., & Kumbhalkar, M. A. (2016). Analysis of Steering Knuckle of All Terrain Vehicles (ATV) Using Finite Element Analysis. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 149, 012133.

El Fariz, H., & Sena, B. (2024). Analisis Knuckle Arm Mobil Listrik Anobrain AR-1 Dengan Menggunakan Metode Finite Element. Journal Serambi Engineering, 9(1), 7908–7916.

Global EV Outlook 2023. (2023). OECD.

Hafeez, M. B., & Krawczuk, M. (2023a). A Review: Applications of the Spectral Finite Element Method. Archives of Computational Methods in Engineering, 30(5), 3453–3465.

Hafeez, M. B., & Krawczuk, M. (2023b). A Review: Applications of the Spectral Finite Element Method. Archives of Computational Methods in Engineering, 30(5), 3453–3465.

Hasan, A., Lu, C., & Liu, W. (2023). Lightweight Design and Analysis of Steering Knuckle of Formula Student Car Using Topology Optimization Method. World Electric Vehicle Journal, 14(9), 233.

Kaufman, J. G. (2019). Corrosion of Aluminum and Aluminum Alloys. In Properties and Selection of Aluminum Alloys (pp. 96–129). ASM International.

Kazantseva, N., Il’inikh, M., Kuznetsov, V., Koemets, Y., Bakhrunov, K., & Karabanalov, M. (2023). Design and Structural Factors’ Influence on the Fatigue Life of Steel Products with Additive Manufacturing. Materials, 16(23), 7315.

Kilani, M. Al, & Kobziev, V. (2016). An Overview of Research Methodology in Information System (IS). OALib, 03(11), 1–9.

Lee, W., & Zhang, C. (2018). Computational consistency of the material models and boundary conditions for finite element analyses on cantilever beams. Advances in Mechanical Engineering, 10(6).

Logan, D. L. (2011). A first course in the finite element method (Vol. 4). Thomson.

Madhusudhanan, S., Rajendran, I., & Raguganeshkumar, B. (2017). Fatigue Analysis of Steering Knuckle using Finite Element Simulation: Technical Note. International Journal of Vehicle Structures and Systems, 9(3).

Martins, J. A., & Romão, E. C. (2022). The Importance of Accurate Boundary Condition in Obtaining Reliable Shearing Stresses on a Torsional Finite Element Simulation. Engineering, Technology & Applied Science Research, 12(3), 8482–8487.

Minhas, N., Sudheer, L., Sharma, V., & Bhadauria, S. S. (2023). Evaluating the corrosion behaviour of AA6061-T6 alloy and its friction stir welded joints. Canadian Metallurgical Quarterly, 62(2), 244–261.

Paul, S. (2021). Finite element analysis in fused deposition modeling research: A literature review. Measurement, 178, 109320.

Saputro, B. A., Ubaidillah, Triono, D. A., Pratama, D. R., Cahyono, S. I., & Imaduddin, F. (2018). Static load simulation of steering knuckle for a formula student race car. 030049.

Tabayyun, C., Kardiman, & Ujiburrahman. (2025). Analisis Frame Meja Dandori Menggunakan Metode Finite Element Analysis (FEA). Metrotech (Journal of Mechanical and Electrical Technology), 4(2), 77–87.

Tawancy, H. M., Ul-Hamid, A., Mohammed, A. I., & Abbas, N. M. (2007). Effect of materials selection and design on the performance of an engineering product – An example from petrochemical industry. Materials & Design, 28(2), 686–703.

Ujiburrahman. (2025). Analisis Statis Komponen Bell Crank pada Mobil Listrik dengan Finite Element Analysis. Metrotech (Journal of Mechanical and Electrical Technology), 4(2), 103–111.

Zhou, Y., & Li, H. (2024). Study on failure assessment and experimental validation of automotive steering knuckle in McPherson front suspension system. Proceedings of the Institution of Mechanical Engineers, Part D: Journal of Automobile Engineering, 238(1), 241–261.

Downloads

Published

2025-08-31