KARAKTERISTIK AERODINAMIKA AIRFOIL NACA 0015 DAN NACA 4415 MELALUI KAJIAN EKSPERIMENTAL DAN SIMULASI NUMERIK

Authors

  • Suramta Suramta Program Studi Teknik Mesin, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Bandung, Jl. Gegerkalong Hilir, Ds. Ciwaruga, Kec. Parongpong Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40559, Indonesia
  • Carolus Bintoro Program Studi Teknik Mesin, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Bandung, Jl. Gegerkalong Hilir, Ds. Ciwaruga, Kec. Parongpong Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40559, Indonesia
  • Warsono Warsono Program Studi Teknik Energi, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Bandung, Jl. Gegerkalong Hilir, Ds. Ciwaruga, Kec. Parongpong Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40559, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51510/sinergipolmed.v6i2.2264

Keywords:

Airfoil, CFD, gaya angkat, hambat

Abstract

Penelitian tentang airfoil terus berkembang untuk meningkatkan performa aerodinamika, khususnya dalam menghasilkan gaya angkat yang lebih besar sehingga pesawat dapat mengangkut beban dengan lebih mudah. Analisis performa aerodinamika pada penampang airfoil menjadi hal yang sangat penting untuk menentukan gaya angkat maksimum serta berbagai gaya lain yang bekerja pada penampang tersebut. Pengujian model Airfoil NACA dapat dilakukan melalui dua pendekatan, yaitu metode eksperimen dan metode komputasi. Dibandingkan dengan metode eksperimen, metode komputasi lebih efisien karena tidak memerlukan ruang pengujian yang besar dan dapat menghemat waktu secara signifikan. Penelitian ini membahas karakteristik aerodinamika airfoil simetris NACA 0015 dan tidak simetris NACA 4415 melalui analisis numerik menggunakan CFD NUMECA dan eksperimen di wind tunnel. Penelitian dilakukan dengan variasi sudut serang 0o, 2o, 6o, 8o, 10o, 12o, 14o, 16o dan 18o untuk mengamati distribusi kecepatan, tekanan, koefisien gaya angkat, dan koefisien gaya hambat. Hasilnya menunjukkan peningkatan sudut serang memengaruhi gaya angkat dan gaya hambat pada kedua airfoil. Titik separasi aliran pada NACA 0015 terjadi pada sudut 10o komputasi dan 14o eksperimen, sedangkan pada NACA 4415 pada sudut 12o komputasi dan 14o eksperimen. Pola distribusi gaya angkat dan gaya hambat dari kedua metode menunjukkan kecenderungan yang serupa, sehingga dapat disimpulkan semulasi numerik memiliki prediksi yang akurat.

References

Abed, K. N., Almahdawi, Y. J., & Kader, E. E. (2021). Geometry Modification Effect on The Aerodynamic Characteristics of NACA 0015 Using CFD. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 1076(1), 012067.

Anderson, J. D., Jr. (2001). Fundamentals of Aerodynamics (3rd ed.). Boston. McGraw-Hill.

Akbar, A. (2020). Effect of Angle of Attack on Airfoil NACA 0012 Performance. R.E.M. (Rekayasa Energi Manufaktur) Jurnal, 5(1), 35–40.

Billad, R. F., Julian, J., Wahyuni, F., Iskandar, W., Pembangunan, U., Veteran, N., Labu, P., Selatan, J., Labroratory, F. M., & Barat, J. (2024). Jurnal Rekayasa Mesin Numerical Modelling of NACA 0015 Airfoil Under Erosion Condition Rayhan dkk / Jurnal Rekayasa Mesin. 19(2), 199–210.

Effendy, M., & Muchlisin, M. (2019). Studi Eksperimental dan Simulasi Numerik Karakteristik Aerodinamika Airfoil NACA 4412. Rotasi, 21(3), 147.

Hanafi, A. F., Wardhana, P. B. W., Umar, M. L., Finali, A., & Saputra, W. (2024). Desain Dan Analisis Aerodinamis Body Mobil Hemat Energi Jogopati Tipe Prototype Menggunakan Metode Computational Fluid Dynamics. Sinergi Polmed: Jurnal Ilmiah Teknik Mesin, 5(2), 100–112.

Haydar Kepekci.(2022). Comparative Numerical Aerodynamics Performance Analysis of NACA0015 and NACA4415 Airfoils. International Journal of Engineering, Science & InformationTechnology (IJESTY), (144-151). Turkey

James Julian., Rizki Aldi Anggara., Fitri Wahyuni., & Nely Toding. (2023). The Effect of Micro Geometry with Various Forms as Passive Flow Control in NACA 4415. Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Inovasi, (ISSN 1411-4348), 15-22.

Kharisma, A. A., Rahman, A., Ramadhan, A., & Amanda, B. (2024). Pengaruh variasi kecepatan udara pada airfoil NACA 2412 terhadap distribusi tekanan pada open circuit low subsonic wind tunnel. 19(4), 21–31.

Mulyadi., Muhamad.(2010). Analisis Aerodinamika Pada Sayap Pesawat Terbang Dengan Menggunakan Software Berbasis Computational Fluird Dynamics (CFD). Universitas Gunadarma.

Nurmalasari, P. Y., & Sa’diyah, A. (2023). Konsep Pesawat Terbang. Jakarta. Andi.

Novianti, R. D., Hariyadi, S., Putro, S., & Pambudiyatno, N. (2022). Analisis Aerodinamika Penggunaan Plain Flap Pada Airfoil Naca 2412. 6(1), 12–17.

Wahyudi, Y., Agung, M., & Muhsin. (2021). Pengaruh Distribusi Tekanan Terhadap Gaya Lift Airfoil NACA 23012 pada Berbagai Variasi Angle of Attack. Jurnal | Mechanical Engineering, 1–15.

Wicaksono, M. F. A., Pohan, G. A., & Hidayath, I. T. (2022). Analisa Aerodinamika Airfoil Pesawat Dengan Pendekatan Computational Fluid Dynamic Dan Wind Tunnel. Jurnal Flywheel, 13(1), 21–35.

Downloads

Published

2025-08-20