DESAIN DAN ANALISIS AERODINAMIS BODY MOBIL HEMAT ENERGI JOGOPATI TIPE PROTOTYPE MENGGUNAKAN METODE COMPUTATIONAL FLUID DYNAMICS

Authors

  • Agung Fauzi Hanafi Program Studi Teknologi Rekayasa Manufaktur, Politeknik Negeri Banyuwangi, Jl. Raya Jember No. KM13, Kawang, Labanasem, Kec. Kabat, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68461, Indonesia
  • Prabuditya Bhisma Wisnu Wardhana Program Studi Teknologi Rekayasa Manufaktur, Politeknik Negeri Banyuwangi, Jl. Raya Jember No. KM13, Kawang, Labanasem, Kec. Kabat, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68461, Indonesia
  • Mega Lazuardi Umar Program Studi Teknologi Rekayasa Manufaktur, Politeknik Negeri Banyuwangi, Jl. Raya Jember No. KM13, Kawang, Labanasem, Kec. Kabat, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68461, Indonesia
  • Asmar Finali Program Studi Teknologi Rekayasa Manufaktur, Politeknik Negeri Banyuwangi, Jl. Raya Jember No. KM13, Kawang, Labanasem, Kec. Kabat, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68461, Indonesia
  • Wahyu Saputra Program Studi Teknologi Rekayasa Manufaktur, Politeknik Negeri Banyuwangi, Jl. Raya Jember No. KM13, Kawang, Labanasem, Kec. Kabat, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68461, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51510/sinergipolmed.v5i2.1670

Keywords:

Aerodinamis, CFD, gaya angkat

Abstract

Besar konsumsi bahan bakar dari sebuah mobil tergantung pada berbagai faktor, salah satunya ke aerodinamis-an suatu body mobil tersebut. Semakin aerodinamis suatu body mobil, keja mesin akan semakin ringan sehingga konsumsi bahan bakar juga akan dapat diminimalisir. Jogopati Proto merupakan kedaraan masa depan dengan performa aerodinamis yang sangat baik dan tingkat efisiensi yang tinggi. Kendaraan prototype ini memiliki tiga roda (dua roda depan dan satu roda belakang) yang akan dikemudikan oleh satu orang. Untuk mengetahui drag force dan lift force pada mobil dilakukan analisis karakteristik aliran fluida di sekitar body mobil Jogopati Proto menggunakan Ansys 2020 R2. Penelitian ini bertujuan untuk pengembangan desain body mobil hemat energi dan menganalisis aliran fluida di sekitar body mobil dalam kondisi kecepatan tertentu dengan metode Computional Fluid Dynamics (CFD) untuk meningkatkan kinerja aerodinamis mobil hemat energi Jogopati Proto serta mengurangi konsumsi bahan bakar. Dari hasil analisis aliran fluida yang melintasi body mobil hemat energi Jogopati Proto pressure terbesar terdapat pada bagian depan mobil dan pada visualisasi vektor kecepatan didapatkan bahwa terdapat area turbulensi terbesar pada bodi Jogopati Proto 1, dimana jika terdapat area turbulensi maka akan menambah drag force pada mobil tersebut. Besar gaya yang dihasilkan pada body Jogopati Proto 1 drag force (FD ) dan lift force (FL) yang diperoleh senilai (FD ) 4,5 N dan (FL) 2,4 N, sedangkan pada body Jogopati Proto 2 drag force (FD ) dan lift force (FL) yang diperoleh senilai (FD ) 2,7 N dan (FL) 1,7 N.

References

Abdul Basid, R. S. (2020). Aerodynamic analysis and car body optimalization of saving energy “WARAK” using software Ansys Fluent R15.0. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 1 - 11.

Aji Pranoto, S. W. (2021). Redesain Body Mobil Mataram Proto V5 Dengan Mempertimbangkan Aspek Aerodinamis. Jurnal Pendidikan Vokasi Otomatis, Vol. 3(No. 2), 73-80.

ANSYS, I. a. (2017). Ansys Fluent Tutorial Guide. U.S.A: Ansys, Inc.

Bagus Wahyu Prastyo, I. S. (2020). Analisa Aerodinamika Pada Mobil Eneegi Lintang Energi Samudra Menggunakan Computational Fluid Dynamics. Momentum, Vol. 16(No. 2), 80-86.

Cimbala, Y. A. (2006). Fluid Mechanics Fundamental And Applications. Singapore: SI Units.

Haidong Yuan, Z. Y. (2017). Effects of Installation Environment on Flow around Rear View Mirror. SAE International , Vol. 10(No. 2), 1-12.

Harson S, A. d. (2020). Computational Methodology For The Development Of Microdevices And Microreactors With ANSYS CFX. ELSEVIER B.V.(Engineering), 1-22.

Hendry Sakke Tiraa, M. A. (2023). Numerical Analysis of the Drag Coefficient on Energy-Efficient Vehicle Prototypes. ROTASI, Vol. 25(No. 3), 46-51.

I Gusti Gede Badrawada, A. P. (2019). Analisa Aerodinamika Bodi Kendaraan Mataram Proto Diesel Dengan Ansys 15.0. jurnal ENGINE, Vol. 3(No. 1), 8-14.

Nafisah Arina Hidayati, F. S. (2017). Analisis Aerodinamis Pada Variasi Bentuk Ekor Desain Bodi Mobil Hemat Energi. Jurnal Energi dan Manufaktur, Vol. 10(No. 2), 66-70.

Rahman Hakim, C. B. (2016). Desain Dan Analisa Aerodinamika Dengan Menggunakan Pendekatan CFD Pada Model 3D Mobil Prototype "Engku Putri". Jurnal Integrasi, Vol. 8(No. 1), 06-11.

Ram Kumar Raman, Y. D. (2018). A Review On Applications Of Computational Fluid Dynamics. Internasional Journal Of LNCT, Vol. 2, No. 6(No. 6), 137-143.

Rengga Purwa Ananda, Y. S. (2021). Analisis Bodi Kendaraan KMHE Jayabaya Prototype 2.0. Seminar Nasional Inovasi Teknologi, 218-223.

Rina, F. R. (2023). Aerodynamic Analysis of The “Marapi Evo 1” Car Prototype Using CFD Software. International Journal of Dynamics in Engineering and Sciences (IJDES) LLDIKTI Wilayah X Vol. 8, No. 2, 60 - 65.

Sukmayadi, A. (2024). Pedoman Kontes Mobil Hemat Energi . Jakarta: BPTI, PUSPRESNAS, KEMENDIKBUD.

Wahyudi, Y. E. (2021). Rancang Bangun Body Fibercarbon Dan Simulasi Arodinamis Dengan Ansys Untuk Mobil Hemat Energi Kategori Prototype. Jurnal Engine : Energi, Manufaktur, dan Material, Vol. 5, No. 2, 90-96.

Downloads

Published

2024-09-06