IMPLEMENTASI PREVENTIVE MAINTENANCE PADA POMPA SENTRIFUGAL DEPARTEMEN STAINLESS STEEL PT. GUANG CHING NIKEL AND STAINLESS STEEL

Authors

  • Kadriadi Kadriadi Program Studi Teknik Perawatan Mesin, Politeknik Industri Logam Morowali, Labota, Kec. Bahodopi, Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah 94974, Indonesia
  • Agus Salim Opu Program Studi Teknik Kimia Mineral, Politeknik Industri Logam Morowali, Labota, Kec. Bahodopi, Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah 94974, Indonesia
  • Kadex Widhy Wirakusuma Program Studi Teknik Perawatan Mesin, Politeknik Industri Logam Morowali, Labota, Kec. Bahodopi, Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah 94974, Indonesia
  • Angga Bahri Pratama Program Studi Teknologi Rekayasa Energi Terbarukan, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Medan, Jl. Almamater No.1, Padang Bulan, Kec. Medan Baru, Kota Medan, Sumatera Utara 2015, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51510/sinergipolmed.v5i1.1551

Keywords:

Preventive Maintenance, Pompa Sentrifugal, Suhu, Getaran

Abstract

PT. Guang Ching Nikel and Stainless Steel (GCNS) merupakan industri smelter yang memproduksi baja stainless steel billet dan slab. Pada proses produksi tersebut memerlukan pompa sentrifugal untuk menyalurkan air sebagai sistem pendingin pada peralatan, mesin dan perendaman baja stainless steel. Hal tersebut menjadikan pompa mengalami kelebihan kapasitas kerja yang mengakibatkan penurunan performa mesin sehingga berdampak pada aktivitas produksi. Oleh karena itu, hal ini perlu dilakukan perawatan dan pemeliharaan agar mencegah kerusakan dan menjaga kinerja optimal pada pompa sentrifugal. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif melalui proses pengambilan data suhu dan getaran lalu dilakukan pengolahan data dengan menghitung nilai mean, median, dan standar deviasi. Dari hasil penelitian yang dilakukan pada pompa sentrifugal didapatkan bahwa standar deviasi pengukuran suhu tertinggi ada pada pompa P7 yaitu 5,2 dan standar deviasi terendah ada pada pompa P2 yaitu 1,8, sedangkan pada hasil pengukuran getaran didapatkan standar deviasi tertinggi ada pada pompa inboard  vertikal menujukkan  bahwa P11 yaitu 1.7 dan standar deviasi terendah  pada pompa inboard vertikal pada pompa P7 yaitu 0,1. Sedangkan pada standar deviasi tertinggi pada pompa inboard horizontal ada pada pompa P4 yaitu 1.2 dan standar deviasi terendah pada pompa inboard horizontal ada pada pompa P7 yaitu 0.1.

References

Adhi Darmawan, S. (2016). Pompa Sentrifugal. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Adji, C. (2021). Corrective Maintenance Pompa High Pressure (AP 10.2) PT. Kuala Lumpur Kepong Dumai-Riau.

Abi, W. (2021). Analisa Sinyal Vibrasi Untuk Mendeteksi Kerusakan Pada Condensate Pump Di Pltu Air Anyir Bangka (Doctoral Dissertation, Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung)

Bakti, A. R. (2021). Analisa Preventive Maintenance, Domestic Booster Pump Di Pltu Keban Agung 2 X 135 MW. Jurnal Teknik Elektro Raflesia, 1(1), 1-7.

Dana, M. M. M., Kurniawan, W., & Fitriyah, H. (2018). Rancang Bangun Sistem Deteksi Titik Kebakaran Dengan Metode Naive Bayes Menggunakan Sensor Suhu dan Sensor Api Berbasis Arduino. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 2(9), 3384-3390.

Fa’izin, M. U. (2019). Analisa Preventive Maintenance Pompa Sentrifugal Type Jet Pump Dab Terhadap Kebocoran Mechanical Seal (Doctoral dissertation, Universitas Islam Majapahit Mojokerto).

Gusniar, I. N. (2014). Optimalisasi Sistem Perawatan Pompa Sentrifugal Di Unit Utility PT. ABC. Majalah Ilmiah SOLUSI, 1(01).

Huda, S., Tripariyanto, A. Y., & Komari, A. (2021). Perencanaan Predictive Dan Preventive Maintenance Pada Pompa SWLP (Sea Water Lift Pump) Dengan Menggunakan Metode RCM (Reliability Centered Maintenance) Di Saka Indonesia Pangkah Limited. JURMATIS (Jurnal Manajemen Teknologi dan Teknik Industri), 3(1), 37-51.

Hutabarat, B. (2019). Analisis Unjuk Kerja Pompa Sentrifugal Dengan Variasi Head (Doctoral dissertation, Universitas Medan Area).

Mesra, T. (2020). Analisis Perawatan Mesin Pompa Sentrifugal Dengan Metoda Failure Mode and Effect Analysis (FMEA). Jurnal Unitek, 13(2), 39-46.

Muhtadin, M. (2017). Corrective Maintenance Pompa Sentrifugal Between Bearing (3003 J) Di Pt. Pupuk Kujang Cikampek (Doctoral Dissertation, Fakultas Teknik). Corder, A. (1992). Teknik Manajemen Pemeliharaan. Jakarta.: Erlangga.

Muis, A., Muchsin, M., & Basri, M. H. (2019). Karakteristik Kavitasi Pada Pompa Sentrifugal. Jurnal Mekanikal, 10(2).

Downloads

Published

2024-03-02