UJI PERFORMA MOTOR DIESEL SATU SILINDER GENERATOR SET MENGGUNAKAN CAMPURAN BAHAN BAKAR CRUDE PALM OIL-DEXLITE DENGAN PENAMBAHAN BIOADITIF ALAMI

Authors

  • Ahmad Akasah Program Studi Teknik Mesin, Jurusan Teknologi Produksi dan Industri, Institut Teknologi Sumatera, Jl. Terusan Ryacudu, Way Huwi, Kec. Jati Agung, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung 35365, Indonesia
  • Rico Aditia Prahmana Program Studi Teknik Mesin, Jurusan Teknologi Produksi dan Industri, Institut Teknologi Sumatera, Jl. Terusan Ryacudu, Way Huwi, Kec. Jati Agung, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung 35365, Indonesia
  • Teuku Meurah Indra Riayatsyah Program Studi Teknik Mesin, Jurusan Teknologi Produksi dan Industri, Institut Teknologi Sumatera, Jl. Terusan Ryacudu, Way Huwi, Kec. Jati Agung, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung 35365, Indonesia
  • Lathifa Putri Afisna Program Studi Teknik Mesin, Jurusan Teknologi Produksi dan Industri, Institut Teknologi Sumatera, Jl. Terusan Ryacudu, Way Huwi, Kec. Jati Agung, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung 35365, Indonesia
  • Muhammad Syaukani Program Studi Teknik Mesin, Jurusan Teknologi Produksi dan Industri, Institut Teknologi Sumatera, Jl. Terusan Ryacudu, Way Huwi, Kec. Jati Agung, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung 35365, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51510/sinergipolmed.v5i1.1478

Keywords:

Minyak Kelapa Sawit, Bioaditif, Dexlite, Unjuk Kerja, Mesin Diesel

Abstract

Penggunaan bahan bakar alternatif telah banyak dilakukan di Indonesia bahkan dunia sebagai upaya penghematan bahan bakar yang semakin menipis. Selain itu, memanfaatkan potensi ketersediaan minyak nabati yang melimpah seperti minyak sawit di Indonesia juga merupakan usaha yang efektif untuk dilakukan sebagai subtitusi bahan bakar fosil. Penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi perbandingan yang dihasilkan oleh unjuk kerja mesin diesel satu silinder dengan bahan bakar dexlite murni dan campuran Crude Palm Oil (CPO) + dexlite yang ditambahkan bioaditif. Persentase campuran (CPO) + dexlite mulai dari 10%-50 % dan ditambahkan 0,1 % bioaditif ditambahkan pada setiap campuran dengan variasi putaran mesin dari 1200 rpm hingga 2000 rpm dengan interval 200 rpm dan beban konstan 1500 watt. Berdasarkan hasil pengujian dan perhitungan matematis diperoleh bahwa pengaruh penambahan bioaditif menghasilkan nilai unjuk kerja yang cukup baik pada hampir di setiap campuran bahan bakar CPO + dexlite yang ditandai dengan selisih nilai unjuk kerja antara campuran CPO + dexlite dan dexlite murni yang berkisar antara 0 % - 15,50 % Adapun nilai torsi dan Brake Mean Effective Pressure (BMEP) paling tinggi didapatkan dari campuran 20 % CPO + dexlite sebesar 5.264 N.m dan 183,667 kPa di putaran 2000 rpm sedangkan nilai Spesific Fuel Consumption (SFC) terendah dan efisiensi termal tertinggi berada pada campuran 30 % CPO + dexlite pada putaran 2000 rpm sebesar 0,510 kg/kW.jam dan 16,415%.

References

Achmad, K.S. (2018). Motor Bakar (Teori Dasar Motor Diesel) HMKB781. Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Lambung Mangkurat.

Agusta, A. (2000). Minyak atsiri tumbuhan tropika Indonesia. Institut Teknologi Bandung.

Alvian, D. G. C., Aditia, R., Silitonga, D. J., Muhyi, A., & Supriyadi, D. (2020). Uji performa mesin bensin menggunakan bioaditif cengkeh dengan bensin berkadar oktan 90. Journal of Science and Applicative Technology, 4, 49–53.

Arif, A. (2015). Karakterisasi Performa Mesin Diesel Sistem Dual Fuel Solar-CNG Tipe LPIG dengan Pengaturan Start Of Injection dan Durasi Injeksi CNG (Nomor Tm 142501). Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Balai Penelitian Tanaman Obat Dan Aromatik. (2010). Penggunaan minyak seraiwangi sebagai bahan bio-aditif bahan bakar minyak. November, 1–5.

Bulan, R. (2004). Reaksi Asetilasi Eugenol Dan Oksidasi Metil Iso Eugenol. 1–8.

Hamri, Kusno, Amri, A., & Syahrir, M. (n.d.). (2019). Analisis Prestasi Mesin Diesel Dengan Menggunakan Campuran Solar Dengan Minyak Goreng. Jurnal Teknologi, 18(1), 39–44.

Kadarohman, A. (2015). Eksplorasi minyak atsiri sebagai bioaditif bahan bakar solar. Jurnal Pengajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, January 2015.

Luthfian, R., Silalahi, R., Sari, D. P., & Dewi, I. A. (2017). Pengujian Free Fatty Acid ( FFA ) dan Colour untuk Mengendalikan Mutu Minyak Goreng Produksi PT . XYZ. 6(1), 41–50.

Muhyi, A., Aditia, R., Alfian, D. G. C., & Silitonga, D. J. (2019). Aplikasi Penggunaan Serah Wangi Sebagai Bioaditif Alami untuk Karakterasi Unjuk Kerja dari Mesin Diesel. Journal of Science and Applicative Technology, 3(1), 37–39.

Monasari, R., Ahmad, H., Nanang, Q. (2021). Pengaruh Penambahan Zat Aditif Pada Campuran Bahan Bakar Bensin - Bioethanol Terhadap Specific Fuel Consumption, Jurnal Pendidikan Teknik Mesin JPTM 9, 1-10.

Najibullah, W., Wahab, A., & Marlina, E. (2017). Pengaruh Penambahan Bahan Bakar Minyak Jarak (Jatropha Oil) dan Bioaditif Terhadap Performa dan Emisi Gas Buang Pada Mesin Diesel. Jurnal Teknik Mesin 32 (1), 65-73.

Rahardja, I. B., Kristono, S. N., Mahfud, A., Dermawan, Y., & Basyir, A. (2019). Pelatihan Pembuatan Lilin Untuk Penerangan Rumah Tangga Menggunakan Bahan Dasar Crude Palm Oil ( CPO ). Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ.

S, W., Hamri, & Amri, A. (2019). Analisa Prestasi Mesin Diesel Dengan Menggunakan Bahan Bakar Oli Bekas Hasil Penyulingan. J-Move Jurnal Teknik Mesin, 1(2), 13–25.

Setyaningsih, D., Faiziin, M. N., & Muna, N. (2018). Pemanfaatan Minyak Atsiri sebagai Bioaditif Penghemat Bahan Bakar Biosolar. Indonesian Journal Of Essential Oil, 3(1), 45–54.

Sibarani, joanly S., & Alfansuri. (2020). Analisa Pengaruh Penambahan Bioaditif Minyak Serai Wangi Pada Bahan Bakar Premium Terhadap Konsumsi Bahan Bakar Dan Emisi Gas Buang Sepeda Motor Absolute Revo 110 . Jurnal Inovtek Seri Mesin, 1(1), 1–8.

susanti, J., Cheenkachorn, K., Wang, J., & Perez, J. (2002). Effect of Oxygenated Fuel on Combustion and Emissions in a Light-Duty Turbo Diesel Engine. Energy & Fuels, 16 294–301.

Susanti. (2015). Modul Pembelajaran Pengolahan kelapa Sawit. Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Universitas Pendidikan Indonesia.

Tety, E., Hutabarat, S., & Putra, F. M. (2012). Prospek komoditas minyak kelapa sawit (CPO) dalam pengembangan biodiesel sebagai alternatif bahan bakar di indonesia. Pekbis Jurnal, 4(3), 152–162.

Yusaf, T. F., Yousif, B. F., & Elawad, M. M. (2011). Crude palm oil fuel for diesel-engines : Experimental and ANN simulation approaches. Energy, 36(8), 4871–4878.

Downloads

Published

2024-03-02