Implementasi Software Geogebra Dalam Peningkatan Visualisasi Siswa Pada Pembelajaran Geometri Di SD Muhammadiyah 6 Medan
Keywords:
Geogebra, Software, Geometri, TeknologiAbstract
Geometri merupakan salah satu pelajaran pada matematika yang melibatkan benda baik berupa bangun datar maupun bangun ruang. Hal ini membutuhkan kemampuan visualisasi yang baik oleh siswa. Kemampuan visualisasi ini dapat dirangsang dengan menggunakan alat-alat peraga baik yang konvensional maupun menggunakan teknologi. Tanpa adanya alat peraga yang memadai maka siswa akan mengalami kesulitan dalam memahami pelajaran Geometri. SDS Muhammadiyah 6 sebagai mitra dalam pengabdian ini memerlukan penggunaan alat peraga maupun teknologi dalam proses pembelajaran Geometri. Dengan demikian fokus dalam pengabdian ini adalah memberikan alat peraga dan pelatihan salah satu teknologi berupa software Geogebra. Geogebra dapat digunakan untuk menampilkan bangun datar maupun bangun ruang yang lebih interaktif sehingga mengembangkan visualisasi siswa. Penggunaan software ini juga sejalan dengan kurikulum merdeka belajar yang menekankan akan penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran. Pengabdian ini dimulai dengan memberikan pembelajaran dengan menggunakan alat peraga dan dilanjutkan dengan pengenalan software Geogebra untuk siswa tingkat SD. Hasil dari pengabdian ini memberikan pengalaman yang baru dan meningkatkan minat siswa terhadap matematika khususnya pembelajaran Geometri dan penggunaan IPTEK