Pemanfaatan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran di SMK Swasta Quickly Medan

Authors

  • Samaria Chrisna HS Politeknik Negeri Medan
  • Sinta Marito Siagian Politeknik Negeri Medan
  • Yuvina Politeknik Negeri Medan
  • Meidi Wani Lestari Politeknik Negeri Medan
  • Abdullah Politeknik Negeri Medan
  • Susaidin Politeknik Negeri Medan

Keywords:

Media pembelajaran, Aplikasi Canva, Sosialisasi, Pelatihan

Abstract

Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi pada dasarnya sangat mendukung proses belajar mengajar dalam bentuk media pembelajaran. Adapun salah satu yang menjadi media pembelajaran yang digunakan adalah Aplikasi Canva. Aplikasi ini termasuk jenis aplikasi yang mudah untuk diakses serta memiliki template yang beragam jumlahnya sehingga dapat digunakan untuk berbagai jenis materi. Adapun tujuan dari kegiatan Pengabdian Kemitraan Masyarakat adalah untuk menyelesaikan permasalahan mitra seperti Belum adanya penerapan teknologi dalam proses pembelajaran di kelas, Tidak adanya fasilitas teknologi persentasi yang digunakan dalam proses pembelajaran seperti infokus dan layar proyektor, Belum pernah menerapkan media pembuatan pembelajaran menggunakan Aplikasi Canva di sekolah tersebut, serta Minimnya pengetahuan tenaga pengajar di SMK Swasta Quickly Medan dalam menggunakan teknologi untuk proses pembelajaran. Menjawab permasalahan ini maka tim pengabdian melakukan kegiatan sosialisasi dan pelatihan kepada guru-guru di sekolah tersebut. Kegiatan ini dilaksanakan dengan metode sosialisasi dan pelatihan yang dibuat secara berkelompok yang didampingi oleh tim pelaksana pengabdian. adapun hasil yang diperoleh dari kegiatan ini adalah para peserta atau guru melalui sosialisasi mendapatkan pengetahuan baru tentang Aplikasi Canva dan melalui pelatihan guru dapat menggunakan aplikasi tersebut. Dengan demikian pendampingan masih harus tetap dilakukan dengan membangun komunikasi yang baik kepada para guru agar semakin mahir dalam membuat media pembelajaran yang menarik. Peningkatan pengetahuan guru ini tetap dibekali dengan adanya modul atau petunjuk penggunaan Aplikasi Canva yang telah diserahkan oleh tim pengabdian kepada guru dan sekolah. Selain itu agar pembelajaran tetap melibatkan teknologi maka tim pengabdi juga menyerahkan inventaris sebagai pertinggal untuk menunjang inovasi guru menjadi lebih bagus dalam membuat dan memanfaatkan teknologi pada Aplikasi Canva.

Downloads

Published

2024-01-31

How to Cite

HS, S. C., Siagian, S. M., Yuvina, Lestari, M. W., Abdullah, & Susaidin. (2024). Pemanfaatan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran di SMK Swasta Quickly Medan. PASSA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Dan Desa, 2(1), 6–12. Retrieved from https://ojs.polmed.ac.id/index.php/PASSA/article/view/1476

Issue

Section

Articles