Peningkatan Kemampuan Berbahasa Arab Santri Rumah Tahfidz Melalui Pelatihan Pembelajaran Bahasa Arab

Authors

  • Yuvina Nazar Politeknik Negeri Medan
  • Agustina Ginting Politeknik Negeri Medan
  • Meidi Wani Lestari Politeknik Negeri Medan

Keywords:

Tahfidz, LED, Audio visual, Pengabdian Masyarakat, Media Pembelajaran

Abstract

Dalam proses pembelajaran, media pembelajaran merupakan hal penting yang dibutuhkan, agar pelajaran dapat diserap dan dipahami dengan mudah oleh para pelajar. Begitu pula di Rumah Tahfidz ar-Ridho, diperlukan media pembelajaran yang baik agar kegiatan belajar mengajar terutama bahasa Arab berjalan dengan baik da n efisien. Tujuan kegiatan Pengabdian Mitra Masyarakat (PKM) di rumah tahfdz Ar-Ridho ini adalah meningkatkan motivasi dan semangat belajar bagi para santri. Selanjutnya, tujuan jangka panjangnya adalah mengharapkan setiap santri  fasih berbahasa Arab, menguasai ilmu pembelajaran bahasa Arab, dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Sumber data diperoleh dari Rumah Tahfidz Al-Qur’an Ar-Ridho di Jalan Abdul Hakim, Gang Masjid , Kelurahan Tanjung Sari, Kecamatan Medan Selayang, Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara.  Jenis data berupa data primer berdasarkan wawancara, survei, dan observasi langsung di RTQ Ar-Ridho. Pengabdian ini dilakukan dalam 2 tahapan, tahap pertama adalah pembelajaran bahasa Arab menggunakan peralatan yang diberikan, yaitu berupa LED proyektor, layar proyektor dan papan tulis. Kemudian, tahap kedua adalah penyerahan peralatan-peralatan tersebut dan pengarahan oleh tim kepada santri tahfiz mengenai cara menggunakan peralatan-peralatan yang diberikan. Pengabdian ini berjalan dengan baik, dapat dilihat dari keterampilan santri dalam mengoperasikan LED proyektor, serta bertambahnya wawasan santri mengenai pembelajaran menggunakan peralatan audio visual yang lebih efektif dan menyenangkan.

 

In the learning process, learning media is an important thing needed, so that lessons can be absorbed and understood easily by students. Likewise, at the Tahfidz ar-Ridho House, a good learning media is needed so that teaching and learning activities, especially Arabic, run well and efficiently. The purpose of this Community Partner Service (PKM) activity at Tahfdz Ar-Ridho's house is to increase motivation and enthusiasm for learning for students. Furthermore, the long-term goal is to expect every santri to be fluent in Arabic, master the knowledge of learning Arabic, and apply it in daily life. The data source was obtained from the Tahfidz Al-Qur'an Ar-Ridho House on Abdul Hakim Street, Masjid Alley, Tanjung Sari Village, Medan Selayang District, Medan City, North Sumatra Province. The type of data is primary data based on interviews, surveys, and direct observations at RTQ Ar-Ridho. This service is carried out in 2 stages, the first stage is learning Arabic using the equipment provided, namely in the form of an LED projector, a projector screen and a whiteboard. Then, the second stage was the handing over of the equipment and direction by the team to tahfiz students on how to use the equipment provided. This service is going well, it can be seen from the skills of students in operating LED projectors, as well as the increasing insight of students about learning to use audio-visual equipment that is more effective and fun.

References

Nugrawiyati, J. (2018). Media Audio-Visual dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Studi Agama: El Wasathiy.

Rahmawati, N. (2019). Pengaruh Media Audio Visual terhadap Pemahaman Maharoh Istima’ Bahasa Arab. Jurnal Pendidikan Islam: IQ (Ilmu Al-Quran).

Bali, M. M. E. I., & dkk. (2021). Meningkatkan Daya Kreativitas Edupreneurship Melalui Pembinaan dan Pelatihan Desain Produksi Media Pembelajaran: Jurnal Imliah MADIYA (Masyarakat Mandiri Berkarya). https://www.youtube.com/watch?v=8e5Nmpy8Zmw&t=334s

Downloads

Published

2022-03-13

How to Cite

Nazar, Y., Ginting, A. ., & Lestari, M. W. (2022). Peningkatan Kemampuan Berbahasa Arab Santri Rumah Tahfidz Melalui Pelatihan Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Ilmiah Madiya (Masyarakat Mandiri Berkarya), 3(1), 1–6. Retrieved from https://ojs.polmed.ac.id/index.php/Madiya/article/view/713