Pelatihan Pembukuan Sederhana Dan Pemasaran Produk UMKM Melalui Media Sosial (Aplikasi Tiktok) Di Kelurahan Babakan Pasar Bogor

Authors

  • ida Nurhayati
  • Rahmanita Vidyasari Politeknik Negeri Jakarta
  • Tetty Rimenda Politeknik Negeri Jakarta
  • Elly Mirati Politeknik Negeri Jakarta

Keywords:

simple bookkeeping, marketing, UMKM, social media

Abstract

Pelaksanaan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan di Desa Mural Pulo Geulis, Desa Babakan Pasar, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor. Bentuk kegiatan yang dilakukan adalah pelatihan mencatat sederhana dan pelatihan pemasaran melalui media sosial dengan aplikasi TikTok. Hal ini dikarenakan masih banyak pelaku usaha yang tidak melakukan pencatatan keuangan seperti pemasukan dan pengeluaran. Sehingga tidak jarang banyak pelaku usaha yang bangkrut, karena ketidaksesuaian antara pengeluaran dengan pemasukan. Selain itu, sejak merebaknya wabah virus corona, tak jarang banyak bisnis yang gulung tikar. Oleh karena itu, para pelaku usaha khususnya UMKM harus berpikir keras dengan menyesuaikan kondisi yang ada terutama dalam menentukan strategi pemasaran. Adanya kegiatan tersebut dapat meningkatkan penjualan dan pengetahuan masyarakat khususnya pelaku usaha UMKM mengenai pentingnya pembukuan sederhana dan pengetahuan pemasaran online melalui media sosial. Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan penjualan meski di tengah pandemi. Covid 19 yang sampai saat ini belum berakhir.

The implementation of community service was held in the Pulo Geulis Mural Village, Babakan Pasar Village, Central Bogor District, Bogor City. The forms of activities carried out are simple note-taking training and marketing training through social media with the TikTok application. This is because there are still many business actors who do not keep financial records such as income and expenses. So it is not uncommon for many business actors to go bankrupt, because of the incompatibility of expenditure with the income. In addition, since the spread of the corona virus outbreak, it is not uncommon for many businesses to go out of business. Therefore, business actors, especially MSMEs, must think hard by adjusting existing conditions, especially in determining marketing strategies. The existence of these activities can increase sales and public knowledge, especially MSME business actors regarding the importance of simple bookkeeping and knowledge of online marketing through social media. This is intended to increase sales even in the midst of a pandemic. Covid 19 which until now has not ended.

References

Amri, Andi. 2020. Dampak COVID-19 Terhadap UMKM Di Indonesia.Jurnal Brand. Vol 2 No. 1. Universitas Hasanudin
Bahtiar, Agil, R dan Juli Panglima Saragih. 2020. Dampak COVID-19 Terhadap Perlambatan
Ekonomi Sektor UMKM. Kajian Singkat Terhadap Isu Aktual Dan Strategis. Bidang
Ekonomi Dan Kebijakan Publik. Pusat Penelitian Bidang Keahlian DPR RI.
Crismawan, Buyung. A. 2020. Pengaruh Covid-19 Terhadap UMKM Di Indonesia. Universitas Muhammadiyah. Malang.
Hardilawati, Laura. W. 2020. Strategi Bertahan UMKM Di Tengan Pandemi COVID-19. Jurnal Akuntansi Dan Ekonomika. Universitas Muhammadiyah Riau. Vol. 10 No. 1.
Pakpahan, Kristian, A. 2020. COVID-19 Dan Implikasi Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Parahyangan.
Sugiri, Dani. 2020. Menyelamatkan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Dari Dampak Pandemi Covid-19. Artikel. Fokus Bisnis. Vol. 19 No. 1
Sumayyah, Nafisatu. 2020. Virus Corono Di Kalangan Bisnis Kecil. LP2M UIN Raden Patah.
Palembang. Tim Yanmas. 2020. Dampak Awal Pandemi Covid-19 Tehadap UMKM. Tim YANMAS DPKM- UGM. Yogyakarta.
Achamd, Zainal Abidin, dll.2020. ”Pemanfaat Media Sosial dalam Pemasaran Produk UMKM di Kelurahan Sidokumpul, Kabupaten Gresik” Jurnal Ilmu Komunikasi Volume 10 No. 1.Surabaya.

Napitupulu, Ronitua.2020.”Pembukuan Sederhana Untuk Usaha UMKM”. https://www.szetoaccurate.com/pembukuan-sederhana-usaha-umkm/, diakses pada 3 April 2021

Pramudyatama, Yuda.(t.thn).”Manfaat dan Strategi Online Marketing untuk UMKM. https://whello.id/tips-digital-marketing/manfaat-dan-strategi-online-marketing-untuk-umkm/#:~:text=Online%20marketing%20adalah%20salah%20satu,berbagai%20manfaat%20bagi%20UMKM%20kamu., diakses pada 3 April 2021

Downloads

Published

2022-01-16

How to Cite

Nurhayati, ida, Vidyasari, R. ., Rimenda, T. ., & Mirati, E. . (2022). Pelatihan Pembukuan Sederhana Dan Pemasaran Produk UMKM Melalui Media Sosial (Aplikasi Tiktok) Di Kelurahan Babakan Pasar Bogor. Jurnal Ilmiah Madiya (Masyarakat Mandiri Berkarya), 2(2), 75–80. Retrieved from https://ojs.polmed.ac.id/index.php/Madiya/article/view/659