Penguatan Strategi Melalui Tips Dan Trik Belajar Siswa Kelas 12 Untuk Kelulusan Perguruan Tinggi Negeri

Authors

  • Khanti Listya Politeknik Negeri Medan
  • Muhammad Asrin Jazuli Politeknik Negeri Medan
  • Fatma Dwi Jati Politeknik Negeri Medan

Keywords:

Learning Strategies, Student Graduation, Tutoring

Abstract

Bimbingan belajar Primagama Tanjung Morawa merupakan salah satu bimbingan belajar setingkat SD sampai SMA. Pada pengabdian masyarakat ini difokuskan siswa setingkat SMA/MA khususnya kelas 12 SMA. Hal ini dikarenakan kurangnya pengetahuan tentang jalur masuk perguruan tinggi negeri dan kurangnya persiapan siswa kelas 12 SMA di Bimbingan Belajar Primagama Tanjung Morawa dalam menghadapi SNBP (Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi) dan SNBT (Seleksi Nasional Berbasis Tes). PMKM ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada siswa kelas 12 SMA tentang  jalur masuk perguruan tinggi negeri dan strategi yang tepat dalam menghadapi SNBP  dan SNBT.  Metode pelaksanaan PMKM ini terdiri dari tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap evaluasi. Dimana pada tahap persiapan ini dilakukan obeservasi untuk mengetahui kondisi awal mitra, tahap pelaksanaan dilakukan dengan melaksanakan seminar sebagai solusi, dan tahap evaluasi dilakukan dengan cara membagikan kuesioner sebagai umpan balik bagi tim PMKM untuk mengetahui pehamaman mitra setelah dilaksanakannya seminar. Dari hasil seminar tersebut, diperoleh bahwa pemahaman siswa terkait jalur penerimaan mahasiswa di PTN dan strategi untuk mempersiapkan diri menghadapi SNBP dan SNBT setelah mengikuti kegiatan tersebut lebih meningkat daripada sebelumnya.

Primagama Tanjung Morawa Tutoring is one of the elementary to high school level tutoring. This community service focuses on students at the SMA / MA level, especially grade 12 SMA. This is due to the lack of knowledge about public university entrance pathways and the lack of preparation of 12th-grade high school students at Primagama Tanjung Morawa Tutoring in facing SNBP (National Selection Based on Achievement) and SNBT (National Selection Based on Test). This PMKM aims to provide understanding and knowledge to 12th-grade high school students about public university entrance pathways and the right strategies for facing SNBP and SNBT.  The method of implementing this PMKM consists of the preparation, implementation, and evaluation stages. In this preparation stage, observation is carried out to find out the initial condition of the partners, the implementation stage is carried out by conducting seminars as a solution, and the evaluation stage is carried out by distributing questionnaires as feedback for the PMKM team to find out the understanding of partners after the seminar. The seminar results showed that students' understanding related to admission pathways at PTN and strategies to prepare for SNBP and SNBT after attending the seminar improved.

References

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka.

Jamaris, M. (2012). Orientasi Baru dalam Psikologi Pendidikan. Ghalia Indonesia.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 47 Tahun 2008 Tentang Wajib Belajar.

Prof.Dr. H. Punaji Setyosari, M. E. (2010). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Prenadamedia Group.

Prof.Dr.Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif , kualitatif dan r & d. 456.

Sugiyono. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sulfasyah, S., & Arifin, J. (2017). Implikasi Pendidikan Nonformal Pada Remaja. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 4(2), 1–8. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v4i2.506

Syaadah, R., Ary, M. H. A. A., Silitonga, N., & Rangkuty, S. F. (2023). Pendidikan Formal, Pendidikan Non Formal Dan Pendidikan Informal. Pema (Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(2), 125–131. https://doi.org/10.56832/pema.v2i2.298

UU Nomor 2 Tahun1989 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Wahab, R. (2015). Psikologi Belajar. Pt. RajaGrafindo Persada

Downloads

Published

2023-11-16

How to Cite

Listya, K., Jazuli, M. A., & Jati, F. D. (2023). Penguatan Strategi Melalui Tips Dan Trik Belajar Siswa Kelas 12 Untuk Kelulusan Perguruan Tinggi Negeri . Jurnal Ilmiah Madiya (Masyarakat Mandiri Berkarya), 4(2), 62–66. Retrieved from https://ojs.polmed.ac.id/index.php/Madiya/article/view/1505