PENGARUH KEMUDAHAN, MANFAAT, DAN KEPERCAYAAN KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN E-COMMERCE DI ERA NEW NORMAL

Authors

  • Nur Fadlilah Hanum Harahap Politeknik Negeri Medan
  • Oktavia Syahputri Politeknik Negeri Medan
  • Rizal Agus Politeknik Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.51510/konsep.v3i1.931

Keywords:

Kemudahan, Manfaat, Kepercayaan, E-Commerce, Keputusan Penggunaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh kemudahan, manfaat, dan kepercayaan konsumen terhadap keputusan penggunaan e-commerce pada mahasiswa semester 6 program studi Keuangan dan Perbankan Politeknik Negeri Medan. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa aktif Keuangan dan Perbankan angkatan 2019 di Politeknik Negeri Medan yang berjumlah 148 mahasiswa. Sampel dalam penelitian ini dihitung dengan menggunakan rumus Slovin diperoleh sebanyak 60 mahasiswa dengan tingkat toleransi kesalahan sebesar 10% dan teknik sampling yang digunakan yaitu Simpel Random Sampling. Sumber data yang digunakan adalah data primer yaitu dengan menyebarkan kuesioner secara online menggunakan google form dan dan data sekunder yang digunakan yaitu berasal dari laporan-laporan, jurnal dan arsip literatur - literatur yang relevan. Adapun analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel manfaat dan kepercayaan konsumen secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan penggunaan e-commerce di era new normal, sedangkan variabel kemudahan secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan penggunaan e-commerce. Variabel kemudahan, manfaat, dan kepercayaan konsumen secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan penggunaan e-commerce di era new normal pada mahasiswa semester 6 program studi Keuangan dan Perbankan Politeknik Negeri Medan.

Downloads

Published

05-01-2023