PENGARUH HALAL BRAND PERSONALITY, RELIGIOSITY DAN LIFE STYLE TERHADAP PURCHASE DECISION PRODUK KOSMETIK WARDAH
DOI:
https://doi.org/10.51510/konsep.v3i1.915Keywords:
Halal Brand Personality, Religiosity, Life Style, Purchase DecisionAbstract
Indonesia adalah negara penduduk mayoritas muslim dengan demografi 229 juta jiwa penduduk muslim. Masuk barisan tiga besar negara dengan nilai investasi tertinggi produk-produk halal. Hal itu memberikan kesempatan besar dalam perkembangan industri halal salah satunya kosmetik. Sebagai seorang muslim menjadi kewajiban untuk menggunakan sesuatu yang halal termasuk menggunakan kosmetik. Kosmetik sudah menjadi hal penting bagi setiap orang untuk meningkat penampilan dan menjadikan wanita menjadi lebih percaya diri. Penelitian ini difokuskan untuk mengetahui apakah ada pengaruh variabel independen yaitu halal brand personality, religiosity dan life style terhadap variabel dependen purchase decision kosmetik wardah. Penelitian ini menggunakan data kuantitatif yang diperoleh dari hasil membagikan kuesioner melalui google form kepada Mahasiswa Jurusan Administrasi Niaga di Politeknik Negeri Medan yang pernah membeli produk kosmetik Wardah. Teknik penarikan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 70 responden menggunakan rumus Slovin dengan menggunakan alat analisis uji validitas, reliabilitas, asumsi klasik, regresi linear berganda, dan hipotesis data. Hasil analisis menunjukkan bahwa halal brand personality, dan life style secara parsial berpengaruh signifikan terhadap purchase decision, namun religiosity secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap purchase decision produk kosmetik wardah. Secara simultan halal brand personality, religiosity dan life style berpengaruh signifikan terhadap purchase decision produk kosmetik Wardah.