PENGARUH HARGA, KEMUDAHAN, VARIASI PRODUK GADAI DAN LITERASI RIBA TERHADAP KEPUTUSAN MASYARAKAT MUSLIM KOTA MEDAN MEMILIH GADAI SWASTA
DOI:
https://doi.org/10.51510/konsep.v3i1.908Keywords:
Harga, Kemudahan, Variasi Produk, Literasi Riba, Keputusan MasyarakatAbstract
Saat ini banyak terdapat usaha berbentuk perusahaan gadai swasta yang didirikan oleh masyarakat, mulai dari papan nama yang dipampang di bagian depan outlet usahanya terlihat bahwa perusahaan gadai swasta tersebut menerima surat berharga dari benda bergerak seperti motor, mobil, dan beberapa jenis elektronik seperti laptop, handphone, televisi, kamera digital. Keberadaan Pegadaian Swasta di tengah masyarakat menjadi salah satu sumber alternative bagi masyarakat untuk memecahkan masalah ekonomi yang mendesak. Meskipun, sudah mengetahui bunga yang diberikan yakni 10% dari nilai pinjaman.Penelitian ini untuk mengukur seberapa besar pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen. Pada penelitian ini variabel independen terdiri dari Harga (X1), Kemudahan (X2), Variasi Produk (X3) dan Literasi Riba (X4) sedangkan variabel dependennya adalah Keputusan Masyarakat (Y). Untuk menguji masing-masing pengaruh variabel digunakan teknik pengolahan data analisis linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel Harga secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan masyarakat,variabel kemudahan secara parsial berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap keputusan masyarakat, variabel variasi produk secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan masyarakat, variabel literasi riba secara parsial berpengaruh positf dan signifikan terhadap keputusan masyarakatvariabel harga, kemudahan, variasi produk, literasi riba secara simultan mempunyai pengaruh yang signifikan dan positif terhadap keputusan masyarakat dalam menggadai di gadai swasta.