SISTEM KEARSIPAN PADA PT PLN (PERSERO) UNIT LAYANAN PELANGGAN (ULP) MEDAN SUNGGAL
DOI:
https://doi.org/10.51510/konsep.v3i1.906Keywords:
Arsip, Kearsipan, PengelolaanAbstract
ABSTRAK
Arsip adalah rekaman kegiatan sebagai informasi dalam berbagai bentuk dan media yang diciptakan, diterima dan dipelihara oleh organisasi dan sebagai infomasi untuk perusahaan dalam membuat keterangan tentang pokok persoalan. Kearsipan merupakan aktivitas yang berhubungan dengan kegiatan pengelolaan asrip atau administrasi arsip. Setiap organisasi memerlukan pengelolaan arsip yang baik dan benar mengingat peranan arsip sangat penting sebagai sumber informasi dan sebagai alat pengawasan yang sangat diperlukan dalam setiap organisasi demi menunjang kelancaran kegiatan administrasi. Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mengetahui sistem kearsipan pada PT PLN (Persero) Unit Layanan Pelanggan (ULP) Medan Sunggal dan sistem penyimpanan arsip yang dilakukan sehingga dokumen tersimpan dengan baik dan dapat ditemukan dengan mudah di masa mendatang . Jenis sumber data yaitu data primer dari pengamatan atau penelitian langsung ke perusahaan dengan melakukan wawancara dan data sekunder yaitu sumber-sumber seperti referensi, buku dan dokumen dan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan kepustakaan yaitu buku dan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dengan mendeskipsikan suatu gejala, peristiwa, kejadian yang terjadi saat sekarang. Hasil penelitian didapatkan bahwa sistem kearsipan yang digunakan PT PLN (Persero) Unit Layanan Pelanggan (ULP) Medan Sunggal adalah sistem nomor dan sistem kronologis, peralatan yang digunakan adalah map arsip, lemari arsip, box, stapler, kartu indeks.