PENGARUH FASILITAS DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG WISATAWAN DI WISATA PANTAI INDAH PANDAN KABUPATEN TAPANULI TENGAH
DOI:
https://doi.org/10.51510/konsep.v3i1.904Keywords:
Fasilitas, Promosi, Keputusan BerkunjungAbstract
Wisata Pantai Indah Pandan merupakan tempat tujuan wisata yang sangat popular di kunjungi oleh
wisatawan domestik dan mancanegara karena memiliki potensi wisata yang sangat besar. Ada banyak faktor
yang menjadi alasan wisatawan berkunjung ke tempat wisata. Beberapa diantaranya adalah fasilitas dan
promosi. Fasilitas adalah suatu objek yang dapat digunakan oleh wisatawan untuk menunjang segala aktivitas
di lingkungan wisata. Promosi adalah cara yang dilakukan oleh pengelola wisata dalam menyampaikan
informasi tentang destinasi wisata agar dikenal dan menarik perhatian wisatawan. Peningkatan jumlah
berkunjung wisatawan dari tahun ke tahun di destinasi wisata Pantai Indah Pandan menjadi fenomena dalam
penelitian ini. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh fasilitas dan promosi terhadap keputusan
berkunjung wisatawan di wisata Pantai Indah Pandan Kabupaten Tapanuli Tengah. Penelitian dilakukan
dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Objek penelitian adalah wisatawan domestik yang berdomisili
diluar Kabupaten Tapanuli Tengah. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan observasi di lokasi
tujuan wisata. Dianalisis dengan menggunakan uji validitas dan realibilitas, uji asumsi klasik, uji pengaruh
dan uji hipotesis.