PENGARUH POTONGAN HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN SHOPEE
DOI:
https://doi.org/10.51510/konsep.v3i1.903Keywords:
Potongan Harga, Kualitas Pelayanan, Kepuasaan PelangganAbstract
ABSTRAK
Perkembangan internet menunjang kehidupan manusia dalam memenuhi kebutuhannya, salah satunya adalah penggunaan e-commerce untuk membeli produk tertentu. Banyaknya jenis e-commerce yang ada menyebabkan tingkat persainga yang tinggi sehingga diperlukan upaya untuk memberikan kepuasan kepada pelanggan. Shopee adalah salah satu e-commerce yang memberikan potongan harga dan kualitas pelayanan sebagai upaya memberikan kepuasan pelanggan. Upaya yang dilakukan dapat memuaskan sebagian besar pelanggan, namun tidak sedikit pelanggan yang belum merasa puas terutama bagi mahasiswa yang cenderung lebih berminat untuk bertransaksi pada Shopee. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh potongan harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan Shopee pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Bisnis Politeknik Negeri Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Metode penentuan sampel yang digunakan adalah simple random sampling sebanyak 97 responden. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner dan menggunakan Skala Likert. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda dengn menggunakan program SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa potongan harga dan kualitas pelayanan secara parsial dan simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan tingkat pengaruh yang cenderung lemah.