PENGARUH RELIGIUSITAS DAN CITRA MEREK TERHADAP MINAT BELI AINIQUA PADA MASYARAKAT MUSLIM KOTA MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.51510/konsep.v3i1.899Keywords:
Religiusitas, Citra Merek, Minat BeliAbstract
Produksi Industri Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) di Indonesia sempat mengalami perlambatan selama pandemi Covid-19 mencapai 1%. Air Minum Dalam Kemasan di Indonesia telah tersedia berbagai merek salah satunya adalah Ainiqua. Ainiqua menrupakan AMDK yang berasal dari pulau Sumatera tepatnya di provinsi Aceh yang telah beredar di Kota Medan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh religiusitas dan citra merek terhadap minat beli air mineral Ainiqua pada masyarakat muslim Kota Medan. Metode pada penelitian ini adalah kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Sumber primer diperoleh melalui penyebaran kuisioner kepada 156 orang masyarakat muslim Kota Medan yang diperoleh dengan teknik purposive sampling. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda dengan melakukan uji t dan uji F. Berdasarkan hasil uji parsial (uji t) religiusitas berpengaruh secara parsial dengan nilai signifikansi 0,053, citra merek berpengaruh secara parsial dengan nilai signifikansi 0,000 dan dari hasil uji F religiusitas dan citra merek berpengaruh secara simultan terhadap minat beli air mineral Ainiqua pada masyarakat muslim Kota Medan.