PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE OPPO DI KOTA MEDAN

Authors

  • Samuel Simanjuntak Politeknik Negeri Medan
  • Syesa Politeknik Negeri Medan
  • Sarah Politeknik Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.51510/konsep.v3i1.896

Keywords:

Kualitas Produk, Harga, Citra Merek, Keputusan Pembelian

Abstract

Perkembangan teknologi di era modern saat ini sangat pesat dan terutama dibidang smartphone Oppo sebagai penyedia layanan elektronik dan teknologi global yang membawakan perangkat elektronik seluler terbaru dan tercanggih di lebih dari 20 negara. Keputusan pembelian smartphone Oppo ini dapat diduga dipengaruhi oleh kualitas produk, harga dan citra merek. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, harga dan citra merek terhadap keputusan pembelian smartphone Oppo di Kota Medan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode kuesioner. Penelitian ini menggunakan data kuantitatif yang diperoleh dari hasil membagikan kuesioner kepada masyarakat di Kota Medan. Teknik penarikan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden yang didapat dari rumus Lemeshow. Alat analisis menggunakan analisis regresi linear berganda dengan pengujian hipotesis menggunakan program SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas produk (X1), harga (X2) dan citra merek (X3) secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Hasil penelitian dari uji koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa variabel kualitas produk, harga, dan citra merek mampu menjelaskan sebesar 63,8% yang terjadi pada variabel keputusan pembelian sedangkan sisanya 36,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Downloads

Published

05-01-2023