PENGARUH KUALITAS PELAYANAN ELEKTRONIK, PROMOSI APLIKASI PLN-MOBILE TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PT.PLN (PERSERO) ULP SIBUHUAN

Authors

  • Fatimah Batubara Politeknik Negeri Medan
  • Jhon Sihar Manurung Politeknik Negeri Medan
  • Sarah Rouli Tambunan Politeknik Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.51510/konsep.v3i1.882

Keywords:

Kualitas Pelayanan Elektronik, Promosi, Kepuasan Pelanggan

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan elektronik dan promosi terhadap kepuasan pelanggan baik secara parsial maupun simultan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan PT PLN (Persero) ULP Sibuhuan, Kabupaten Padang Lawas dengan jumlah populasi sebanyak 1031 pelanggan. Jenis dan sumber data merupakan data primer dan data sekunder. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling. Adapun rumus dalam penelitian ini menggunakan rumus Slovin, dengan hasil perolehan sampel adalah 91 responden. Metode Pengumpulan data adalah dengan menyebarkan  kuisioner dengan skala likert pada responden. Serta teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas/reliabilitas instrumen, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji hipotesis menggunakan program SPSS versi 25. Hasil uji F dari penelitian ini menunjukkan kualitas pelayanan elektronik dan promosi berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan di PT PLN Sibuhuan sebesar 0,000. Hasil uji t dari penelitian ini menunjukkan kualitas pelayanan elektronik berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan di PT PLN Sibuhuan sebesar 0,000, promosi berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan di PT PLN Sibuhuan sebesar 0,000. Hasil dari R2 menunjukkan dari dua variabel tersebut memiliki hubungan yang erat sebesar 81.9% sedangkan sisanya 18,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak di teliti dalam penelitian ini.

Downloads

Published

05-01-2023