PENGARUH DAYA TARIK DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP PUTUSAN BERKUNJUNG KEMBALI WISATAWAN KALDERA TOBA
DOI:
https://doi.org/10.51510/konsep.v3i1.869Keywords:
Daya Tarik Wisata, Kualitas Layanan, Putusan Berkunjung KembaliAbstract
Putusan Berkunjung Kembali merupakan bentuk pertimbangan pengunjung dalam menetapkan pilihannya untuk memuaskan kebutuhan maupun keinginan. Beberapa pertimbangan tersebut diantaranya adalah Daya Tarik Objek Wisata dan Kualitas Layanan. Daya Tarik Objek Wisata adalah potensi yang menjadi pendorong kehadiran wisatawan ke daerah tujuan wisata. Selain Daya Tarik Objek Wisata, pengujung juga memperhatikan Kualitas Layanan. Kualitas Layanan merupakan kondisi yang berhubungan dengan produk, jasa, proses dan lingkungan yang memenuhi atau melebihi harapan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Daya Tarik Objek Wisata dan Kualitas Layanan terhadap Putusan Berkujung Kembali wisatawan The Kaldera Toba Nomadic Escape. Populasi penelitian ini berjumlah 12.924 pengunjung, dan sampel yang dipakai berjumlah 100 responden (slovin). Data yang diperoleh diolah menggunakan SPSS Versi 22 dan dianalisis dengan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Daya Tarik Objek Wisata berpengaruh positif dan signifikan terhadap Putusan Berkunjung Kembali dan Kualitas Layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Putusan Berkunjung Kembali. Selanjutnya, Daya Tarik Objek Wisata dan Kualitas Layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Putusan Berkunjung Kembali. Dengan demikian Daya Tarik Objek Wisata yang unik serta dengan adanya Kualitas Layanan yang prima terhadap pengunjung akan meningkatkan Putusan Berkunjung Kembali.