PENGARUH CITRA MEREK, HARGA DAN HALAL AWARENESS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KFC PADA MASA PANDEMI

Authors

  • Rania Farikha Rahmah Politeknik Negeri Medan
  • Muslim Marpaung
  • Irma Suryani Lubis

DOI:

https://doi.org/10.51510/konsep.v3i1.863

Keywords:

Citra Merek, Halal Awareness, Harga, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini mengenai “Pengaruh citra merek, harga, dan halal awareness terhadap keputusan pembelian KFC pada masa pandemi di Kota Medan” . Variabel dependen dalam penelitian ini yaitu keputusan pembelian, sedangkan variabel independen terdiri dari citra merek, harga dan halal awareness. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen. Sampel yang digunakan yaitu 97 responden. Penelitian ini menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada mahasiswa/i muslim Politeknik Negeri Medan sebagai data primer dan data sekunder berasal dari publikasi perusahaan. Uji asumsi klasik meliputi Uji Normalitas, Uji Multikolinearitas dan Uji Heterokedastisitas. Teknik analisis data yaitu menggunakan analisis regresi linier berganda, uji simultan (F), uji determinasi, dan uji parsial (t) dengan tingkat signifikan sebesar 5 persen (α = 0,05) yang diolah dengan bantuan software SPSS 25. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh signifikan secara parsial antara variabel citra merek dan halal awareness dengan tingkat signifikansi sebesar 0,002 dan 0,000 terhadap keputusan pembelian KFC. Sedangkan variabel  harga secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian KFC dengan tingkat signifikansi sebesar 0,110. Secara simultan, variabel citra merek,harga, dan halal awareness berpengaruh signifikan tehadap keputusan pembelian KFC dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000.

Downloads

Published

05-01-2023