PENGARUH STRATEGI PROMOSI, RELIGIUSITAS, FLUKTUASI HARGA EMAS DAN DIGITALISASI TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH BERINVESTASI TABUNGAN EMAS
DOI:
https://doi.org/10.51510/konsep.v3i1.858Keywords:
Strategi Promosi, Religiusitas, Fluktuasi Harga Emas, Digitalisasi, Keputusan NasabahAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh strategi promosi, religiusitas, fluktuasi harga emas dan digitalisasi terhadap keputusan nasabah berinvestasi Tabungan Emas di era covid-19 pada PT Pegadaian. Dalam penelitian ini terdapat variabel bebas atau independent yaitu strategi promosi, religiusitas, fluktuasi harga emas, digitalisasi dan variabel terikat atau dependent yaitu keputusan nasabah. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden yaitu nasabah muslim di PT Pegadaian Cabang Simpang Limun, dengan menggunakan kuesioner sebagai data primer kemudian hasil datanya dianalisis menggunakan regresi berganda dengan melakukan uji simultan (F), uji determinasi dan uji parsial (t) dengan tingkat signifikansi sebesar 5 persen (α=0,05) yang diolah dengan bantuan alat SPSS 22. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan secara simultan antara variabel strategi promosi, religiusitas, fluktuasi harga emas, digitalisasi terhadap keputusan nasabah berinvestasi Tabungan Emas yang dilihat melalui uji statistik F dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Hasil uji statistik t menunjukkan bahwa strategi promosi berpengaruh positif dan signifikan dengan tingkat signifikansi sebesar 0,006, harga tidak berpengaruh signifikan dengan tingkat signifikansi sebesar 0,059, fluktuasi harga emas tidak berpengaruh signifikan dengan tingkat signifikansi sebesar 0,163, digitalisasi berpengaruh positif dan signifikam dengan tingkat signifikansi sebesar 0,001.