PENGARUH VIRAL MARKETING DAN BRAND KNOWLEDGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRODUK KOSMETIK MS GLOW
DOI:
https://doi.org/10.51510/konsep.v3i1.856Keywords:
Viral Marketing, Brand Knowledge, Keputusan PembelianAbstract
Industri kosmetik di Indonesia terus mengalami pertumbuhan walaupun diterpa pandemi Covid-19. Produk kosmetik telah bergeser dari kebutuhan tersier menjadi primer. Kebutuhan konsumen akan produk kosmetik menyebabkan pelaku usaha bersaing menciptakan produk sesuai selera konsumen dengan cara menyusun strategi pemasaran yang baik agar produknya laku di pasar dan mampu bersaing dengan kompetitor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari viral marketing dan brand knowledge terhadap keputusan pembelian pada mahasiswa kota Medan pengguna produk kosmetik MS Glow. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa kota Medan pengguna produk kosmetik MS Glow dengan teknik pengambilan sampel nonprobability sampling dengan purposive sampling sebagai metode pengambilan sampel. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100 responden dengan menggunakan rumus Lemeshow. Data primer yang digunakan diperoleh dengan menyebarkan kuesioner melalui google form. Teknik pengolahan data menggunakan analisis regresi berganda dengan bantuan SPSS versi 26. Hasil dari pengujian terhadap tiga hipotesis yang diajukan terbukti bahwa ketiga hipotesis tersebut diterima, yaitu viral marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, brand knowledge berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dan secara simultan viral marketing dan brand knowledge berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.