PENGARUH LITERASI, MOTIVASI DAN KEMUDAHAN TRANSAKSI TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI DI PASAR MODAL SYARIAH
DOI:
https://doi.org/10.51510/konsep.v3i1.851Keywords:
Literasi, Motivasi, Kemudahan Transaksi, Keputusan Investasi, Pasar Modal SyariahAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh literasi, motivasi dan kemudahan transaksi terhadap keputusan investasi di pasar modal syariah pada komunita Investor Saham Pemula (ISP) Medan. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah keputusan investasi. Sedangkan variabel independen dalam penelitian ini adalah literasi, motivasi dan kemudahan transaksi. Jenis penelitian adalah kuantitatif. Data yang akan dianalisis diperoleh dari kuesioener yang merupakan data primer yang disebar secara online kepada komunitas ISP Medan dengan sampel berjumlah 41 anggota menggunakan metode sampel yaitu purposive sampling. Hasil dari data dianalisis menggunakan analisis regresi linear berganda dengaan menggunakan uji determinasi, uji t (parsial) dan uji F (simultan) dengan tingkat signifikansi sebesar 0,05. Data diolah dengan software SPSS. Hasil uji F dari penelitian ini menunjukkan literasi, motivasi dan kemudahan transaksi pengaruh signifikan secara simultan terhadap keputusan investasi di pasar modal syariah dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000. Hasil uji t dari penelitian ini menunjukkan literasi berpengaruh signifikan secara parsial terhadap keputusan investasi di pasar modal syariah dengan tingkat signifikansi sebesar 0,031, motivasi tidak berpengaruh dan tidak signifikan secara parsial terhadap keputusan investasi di pasar modal syariah dengan tingkat signifikansi 0,102, kemudahan transaksi tidak berpengaruh dan tidak signifikan secara parsial terhadap keputusan investasi di pasar modal syariah dengan tingkat signifikansi 0,052.