PENGARUH HALAL LIFESTYLE, SOCIAL MEDIA, DAN PRODUCT QUALITY TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SKINCARE MS GLOW

Authors

  • Rabiatul Abdawiyah Harahap Politeknik Negeri Medan
  • Ahmad Kholil, S.E., M.Si.
  • Supaino, S.E., M.Si

DOI:

https://doi.org/10.51510/konsep.v3i1.844

Keywords:

Halal Lifestyle, Social Media, Product Quality, Keputusan Pembelian

Abstract

Kosmetik halal atau dapat disebut dengan istilah skincare merupakan produk perawatan kulit yang memiliki berbagai tujuan dimulai dari menenangkan, mencerahkan, memperbaiki, hingga melindungi kulit. Skincare produk lokal yang banyak diminati wanita Indonesia salah satunya Ms Glow. Halal lifestyle mampu mempengaruhii seorang konsumennuntukkmelakukannkeputusannpembelianntanpa melanggar aturan yang sudah ditetapkan oleh Al-Qur’an, hadits, dan menghindari segala sesuatu yang telah dinyatakan keharamannya. Tidak hanya halal lifestyle saja yang diperhatikan dalam melakukan keputusan pembelian, beberapa konsumen juga memperhatikan social media dan product quality. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah halal lifestyle, social media, dan product quality berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk skincare Ms Glow pada mahasisiwi Politeknik Negeri Medan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan instrument skala likert. Non probability sampling merupakan teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini, dengan memilih teknik accidental sampling.  Hasil penelitian persamaan regresi yang terbentuk adalah KP = 1,544 + 0,116GYH + 0,134MD + 0,629KPO. Hasil uji signifikansi R square sebesar 70,8% dimana variabel independen mempengaruhi variabel dependen. Sedangkan sisanya 29,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini yaitu religiusitas, harga, dan pendapatan.

Downloads

Published

05-01-2023