STRATEGI CAUSES RELATED MARKETING TERHADAP BRAND AWARENESS BURGER KING (STUDI KASUS PADA MAHASISWA MANAJEMEN BISNIS POLITEKNIK NEGERI MEDAN

Indonesia

Authors

  • Andreas Satya Wiria Lumban Batu Politeknik Negeri Medan
  • Jenny Sari Tarigan Politeknik Negeri Medan
  • Nursiah Politeknik Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.51510/konsep.v3i1.823

Keywords:

Cause Related Marketing, Brand Awareness

Abstract

Banyak strategi pemasaran yang dapat dilakukan oleh sebuah perusahaan agar  nilai dari perusahaan semakin meningkat. Salah satu strategi pemasaran tersebut adalah cause related marketing, yaitu suatu strategi komunikasi dari perusahaan untuk dapat terlibat dalam kegiatan sosial di masyarakat. Melalui strategi cause related marketing diharapkan mampu meningkatkan brand awareness perusahaan. Brand awareness adalah kesanggupan seorang calon pembeli untuk mengenali atau mengingat kembali suatu merek sebagai bagian dari suatu kategori produk tertentu. Tujuan dari penelitan ini adalah untuk melihat pengaruh strategi causes related marketing terhadap brand awareness.   Penelitian ini menggunakan data kuantitatif yang diperoleh dari hasil membagikan kuesioner kepada Mahasiswa Manajemen Bisnis Program Studi Manajemen Bisnis Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Medan. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 302 responden dengan sampel sampel sebanyak 76 responden yang didapat dari rumus Slovin. Alat analisis menggunakan analisis regresi sederhana, uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas dan uji hipotesis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa causes related marketing memiliki pengaruh secara signifikan positif terhadap brand awareness.

Downloads

Published

05-01-2023