PENGARUH CITRA MEREK, KUALITAS PRODUK, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TEH BOTOL SOSRO

Authors

  • Arma Yustina Politeknik Negeri Medan
  • Ema Sepvina Tarigan Politeknik Negeri Medan
  • Erwinsyah Simanungkalit Politeknik Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.51510/konsep.v3i1.808

Keywords:

Citra Merek, Kualitas Produk, Harga, Keputusan Pembelian, Teh Botol Sosro

Abstract

Besarnya pangsa pasar industri minuman di Indonesia Tahun 2012 sampai dengan 2019 cukup berpengaruh dalam peningkatan pertumbuhan ekonomi. Maret 2020 wabah Virus Corona mulai masuk ke Indonesia sehingga negara ini dinyatakan dalam keadaan Pandemi Covid-19. Pandemi yang belum dapat diprediksi kapan akan berakhir mengajak masyarakat berdamai dengan Covid-19 dan menerapkan tatanan hidup baru (New Normal). Perubahan perilaku dalam tatanan hidup New Normal ini juga berdampak langsung terhadap menurunnya permintaan produk minuman Teh Botol Sosro. Dilatarbelakangi fenomena tersebut, peneliti melakukan riset untuk mencari alternatif penyelesaian masalah tentang pengaruh citra merek, kualitas produk, dan harga dapat mempengaruhi keputusan pembelian Teh Botol Sosro. Penelitian ini dilakukan di Bina Johor Swalayan Medan menggunakan sampel sebanyak 100 responden. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey, dan metode korelasi. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, penyebaran kuesioner, dan studi pustaka. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi adjusted R2, variabel citra merek, kualitas produk, dan harga mempengaruhi keputusan pembelian produk RTD Tea Teh Botol Sosro di Bina Johor Swalayan Medan sebesar 41,8%. Sisanya sebesar 58,2% dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang tidak diteliti.

Downloads

Published

05-01-2023